Yogyakarta Siap Menjadi Tuan Rumah Tapak Suci World Championship

Kota Yogyakarta siap menjadi tuan rumah ajang tapak suci tingkat internasional bertajuk Tapak Suci World Championship pada tahun 2021 nanti.

Kabar tersebut disampaikan oleh Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat menerima audiensi kontingenTapak Suci Putera Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta hari ini, (29/8/2019) di Balaikota.

“Kami bersedia menjadi tuan rumah perhelatan kejuaraan dunia tapak suci di Kota Yogyakarta pada tahun 2021 nanti,” ucapnya.

Menurutnya, Yogyakarta sebagai ibu kota Muhammadiyah siap menggelar kegiatan tersebut. Pihaknya menilai event tersebut sebagai kejuaraan bergengsi mengingat Kota Yogyakarta sebagai kota yang banyak memiliki atlet tapak suci.

Terkait kontengen Tapak Suci DIY yang akan bertandang di Surakarta pada 1 hingga 5 September 2019 nanti, Ia berharap kontengen DIY bisa meraih hasil terbaik sekaligus menjadi duta kota Yogyakarta disana.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Umum Pimpinan Wilayah Tapak Suci I DIY Suliantoro menyampaikan, DIY mengirimkan 55 orang diantaranya adalah para atlet, pelatih dan manajer.

“Atlet fighter sebanyak 13 orang dan atlet seni terdiri dari 26 orang yang siap bertandang nanti,” imbuhnya.

Pihaknya mengaku bisa meraih target juara umum, setelah beberapa kali kontengen ramaja menjadi juara umum kedua.

“Kami optimis bisa meraih hasil yang terbaik untuk mengharumkan nama Yogyakarta,” tandasnya.

Kejuaraan ini akan memperebutkan Piala Bergilir M Barrie Irsyad, Total ada 547 atlet dari 14 negara siap unjuk gigi. Selain tuan rumah Indonesia,  negara yang akan meramaikan kejuaraan ini adalah Aljazair, Timor Leste,  Singapura, Mesir, Taiwan, Pakistan,  Jerman, Uganda, Maroko, Thailand,  Lebanon, Sudah, hingga Palestina.

Kejuaraan dunia pencak silat yang diselenggarakan Pimpinan Pusat Putra Muhammadiyah ini mempertandingkan 18 nomor kategori olahraga yang terdiri dari 11 putra dan 7 putri. Kemudian, 16 nomor kategori seni yang terdiri dari 8 putra, 7 putri dan 1 beregu. (Tam