Berbagai Inovasi Menarik di Festival Inovasi Jogja 2019

Festival Inovasi Jogja 2019 telah selesai diselenggarakan oleh Bappeda Kota Yogyakarta pada Sabtu – Minggu (19 – 20 Oktober 2019) di Lower Ground Galeria Mall Yogyakarta. Acara yang dibuka oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi, diikuti oleh 20 stand pameran dari instansi pemerintah, masyarakat, dan pelajar.

Festival Inovasi Jogja 2019 sukses menarik minat pengunjung dari semua kalangan. Anak-anak dari beberapa SD di Kota Yogyakarta menyajikan penampilan yang sangat menarik. SD Tegalrejo menampilkan Joget Anak Jawa yang bercerita tentang dolanan anak, SD Tamanmuda Tamansiswa yang menonjolkan dengan pendidikan inklusinya menampilkan tarian dan nyanyian dari anak-anak berkebutuhan khusus, dan masih banyak lagi penampilan dari anak-anak yang meramaikan acara Festival Inovasi Jogja 2019.

Salah satu stand pameran instansi pemerintah diikuti Taman Pintar yang menampilkan inovasi Pengelolaan Sampah Eco Management. Yang menarik, Taman Pintar juga menyediakan teka teki semacam rubik yang menggelitik pengunjung untuk mencobanya serta peragaan Hands on Science. Selain Taman Pintar, pameran inovasi OPD juga diikuti oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan menampilkan inovasi Belinda dan Monika, Dinas Perindustrian dan Perdagangan dengan inovasi sepeda cor, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak dengan inovasi SIKAP SIGRAK, Dinas Pendidikan dengan inovasi UPT ULD, Dinas Komunikasi informatika dan Persandian dengan Ekspose Smart City, SMKN 1 Piri dengan Becak Listriknya serta BPTB LIPI dengan produk inovatif.

Selain itu terdapat stand untuk konsultasi HAKI dan konsultasi Pembuatan Film Animasi. Beberapa UMK turut mengisi dengan memamerkan produk makanan, minuman dan produk fashion. Pameran juga diramaikan oleh stand pemenang Anugerah Inovasi Penelitian dan Sagasitas Community.

Acara yang didukung oleh Link Aja! Dan World Mosquito Program Yogyakarta ini, berlangsung dari pagi hingga malam hari dengan diisi berbagai macam talkshow yang sangat menarik dan ditutup pada Minggu (20/10/2019) oleh Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Tri Retnani, S.Si, MT.