STRATEGI PERBAIKAN SAKIP

Rabu, 23 Oktober 2019 Bagian Organisasi Setda Kota Yogyakarta mengadakan pertemuan dengan seluruh Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam kegiatan FGD Strategi Perbaikan Sakip. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta terkait dengan SAKIP. Masing-masing Perangkat Daerah harus mampu menindaklanjuti SAKIP dengan baik dan benar. Hal ini dikarenakan SAKIP merupakan ukuran performa resmi kinerja Pemda yang masuk dalam target wacana rencana strategis yakni RPJMD. Selain membahas terkait dengan SAKIP, pertemuan tersebut juga membahas Perjanjian Kinerja Strategis agar masing-masing Perangkat Daerah dapat memberikan laporan terkait dengan Perjanjian Kinerja Strategis tersebut.

Selanjutnya dalam kegiatan tersebut Bagian Organisasi Setda Kota Yogyakarta juga mengundang Narasumber dari Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Kota Yogyakarta Zusri Kusuma Wardani, SE untuk memberikan informasi terkait dengan strategi perbaikan SAKIP di Lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta. Dalam paparannya Zusri menjelaskan bahwa  masing-masing Perangkat Daerah perlu untuk menyesuaikan SAKIP dengan Visi-Misi Kota Yogyakarta. Visi Kota Yogyakarta adalah meneguhkan Kota Yogyakarta sebagai kota nyaman huni dan pusat pelayanan jasa yang berdaya saing kuat untuk keberdayaan masyarakat dengan perpijak pada nilai keistimewaan. Sedangkan Misi Kota Yogyakarta dijabarkan dalam 7 (tujuh) misi yakni :

  1. Meningkatkan kesejahteraan dan keberdayaan masyarakat.
  2. Memperkuat ekonomi kerakyatan dan daya saing kota.
  3. Memperkuat moral, etika dan budaya masyarakat Kota Yogyakarta.
  4. Meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan, sosial dan budaya.
  5. Memperkuat tata kota dan kelestarian lingkungan.
  6. Membangun sarana dan prasarana publik dan permukiman.
  7. Meningkatkan tata kelola tata pemerintahan yang baik dan bersih.

Dari ketujuh misi tersebut kemudian dapat diperinci dan dijabarkan melalui pemetaan proses bisnis di masing-masing Perangkat Daerah pada Pemerintah Kota Yogyakarta. (Sani)