Jalan Sehat Susur Sungai Code Warnai Peringatan Hari Pahlawan

 

Komunitas PCG (Pedestrian Code Gumreget) memperingati Hari Pahlawan dengan menggelar jalan sehat susur sungi code, Minggu (10/11/2019) pagi.

Mengambil tema “Pahlawan Bagi Sesama” kegiatan tersebut juga menghadirkan bakti sosial kerjasama dengan Komunitas Rumah Singgah Anak Kasih Bunda.

Waki Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menuturkan, kegiatan tersebut sangat positif karena dengan itu warga bisa saling melakukan komunikasi, terlebih mereka menyusuri sungai sehingga melahirkan semangat bersama untuk menjaganya.

“Jalan sehat susur sungai unik namun memiliki makna sangat positif,” ucap Heroe usai melepas Jalan Sehat Susur Sungai Code.

Pihaknya mengaku Pemerintah Kota Yogyakarta terus melakukan upaya untuk menciptakan suasana sungai yang lebih menyenangkan, termasuk sebagai wahana wisata.

Terkait kebersihan, Pemerintah daerah tidak bisa berjalan sendiri. Harus ada kolaborasi antara warga dan pemerintah. Namun jauh lebih penting tercipta kesadaran masyarakat.

“Dengan begitu, lahir komitmen menjaga lingkungan. Kehadiran pemerintah, lanjutnya, bakal lebih menguatkan,” ucapnya.

Ketua Panitia Adik Al Fajar mengaku memilih susur sungai dengan harapan warga akan terus ingat bahwa menjaga sungai adalah kewajiban sesama seluruh warga, terutama di Gemblakan bawah.

“Selain itu juga ada donor darah, sebagai bank data golongan darah yag ada di kampung gemblakan bawah,” ucapnya.