LORONG SAYUR RW 13 KELURAHAN BACIRO MENYEDIAKAN SAYUR MURAH DAN SEHAT UNTUK MASYARAKAT

Berkebun adalah salah satu hobi yang membuat kita terhindar dari stres, karena menyapa alam, bersahabat dengan tanaman. Di sekitar rumah, meski tidak memiliki area yang luas untuk berkebun, kita bisa menanamnya di pot. Dengan menanam tanaman yang diinginkan, hati menjadi senang, dan bisa menjadi obat hati. 

Mengamati tanaman tiap harinya, menyiramnya dengan kasih sayang, sehingga pada suatu saat, tanaman akan berterimakasih kepada kita dengan memberikan hasilnya. Misalnya bunga atau buah-buahan. Lahan yang terbatas bukanlah sebuah kendala untuk menyalurkan hobby berkebun ini. Kita bebas menentukan sendiri apa yang kita inginkan. Kita bisa membuat Lorong Sayur yang sederhana.

Lahan yang sempit, bisa dioptimalkan agar taman berfungsi bukan lagi soal kuantitas atau luas kebun, tetapi lebih ke kualitas tanamannya. Kualitas inilah pada gilirannya berkaitan dengan psikologis penghuni rumah. Kualitas tanaman yang baik, tentu akan menjadi obat penawar kejenuhan dan stress akibat rutinanitas sehari-hari.

Kebun sayur yang subur dan sehat bisa menjadi penghilang penat disela-sela kesibukan sehari-hari, kepuasan menjalani proses berkebun sayur mulai dari menyemai bibit sampai panen akan menjadi hiburan tersendiri. Menikmati sayuran hasil bercocok tanam di halaman dengan kualitas yang terjamin akan meningkatkan kesehatan.

Berbekal dari hal tersebut di atas dan mendukung program pemerintah Kota Yogyakarta untuk mewujudkan Lorong Sayur di seluruh wilayah Kota Yogyakarta, warga RW 13 Kelurahan Baciro menggalakan program memanfaatkan lahan pekarangan untuk bertanam sayur. Program yang sudah berjalan selama 3 bulan ini tergolong program baru di wilayah ini, namun warga mulai merasakan hasilnya, setiap warga bisa saling tukar sayur hasil pekarangan atau jual beli hasil tanaman sayurnya. Seperti yang terpantau pada hari Rabu tanggal 13 Nopember 2019 saat sore hari beberapa warga bertransaksi sayuran untuk kebutuhan sehari-hari. Pemandangan saling tukar sayuran atau jual beli sayuran menjadi pemandangan yang biasa di wilayah ini setiap harinya. (SURYA-A0216)