KUNJUNGAN TIM PENGGERAK PKK KABUPATEN KOLAKA

Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Tegalrejo Kota Yogyakarta menerima kunjungan rombongan Tim Penggerak PKK Kabupaten Kolaka yang berjumlah 33 orang istri Lurah, Provinsi Sulawesi Tenggara. Rombongan diterima langsung oleh Camat Tegalrejo didampingi Lurah Tegalrejo, tokoh masyarakat Kampung Tompeyan bertempat di halaman rumah Bapak Ketua Rukun Warga 02 Tompeyan pada hari Rabu (26-2-2020).

Dalam sambutan penerimaannya Camat Tegalrejo Drs. Ryanto Tri Noegroho memaparkan secara umum gambaran kondisi Kelurahan Tegalrejo dan Kecamatan Tegalrejo.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kolaka (Ir.Hj.Surya Adelina Toni Herbiansyah) dalam sambutannya mengapa memilih Kampung Tompeyan sebagai lokasi kunjungan, karena melihat lewat unggahan media sosial Youtube tentang Lorong sayur dan Kampung Sayur, sehingga tertarik ingin meihat dari dekat bagaimana cara mengembangkan budidaya tanaman di lahan yang sempit perkotaan. Perlu diketahui bahwa Kabupaten Kolaka merupakan Kabupaten pemekaran di Provinsi Sulawesi Tenggara dengan luas 3.625 km2 terdiri 12 Kecamatan dan 117 Desa serta 16 Kelurahan tanaman yang ditanam masyarakat Kabupaten Kolaka antara lain sorgum, buah naga, apokat, durian dan tanah persawahan.

Sementara tokoh masyarakat Tompeyan memaparkan bagaimana giatnya masyarakat dalam membudidayakan lahan yang sempit bisa menjadi produktif dengan ditanami sayur-sayuran yang hasilnya untuk memenuhi kebutuhan gizi warga masyarakat kampung Tompeyan, Disamping itu juga dipaparkan teknik/tata cara budi daya lele cendol oleh Bapak Sariman yang sudah malang melintang di dunia lele cendol. Harapannya dengan melihat secara langsung kondisi Kampung Sayur dan Lorong Sayur yang sudah menjadi branding Kampung Tompeyan bisa menjadi contoh daerah lain dalam pengelolaan Kampung Sayur dan Lorong Sayur.