Pemkot Yogya Dorong UMKM Urus Legalitas Usaha

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta terus mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Yogya agar segera mengurus legalitas usaha untuk dapat masuk sebagai calon penerima bantuan permodalan, hal tersebut di ungkapkan Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti saat membuka acara rapat koordinasi pengembangan UMKM melalui pembiyaan mudah murah Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang di gelar di Indoluxe Hotel, Kamis (15/10/2020)

Ia membeberkan dari total 26.000 UMKM di 14 Kecamatan di Kota Yogyakarta, pelaku usaha yang sudah mengantongi bukti legalitas usaha atau ijin usaha mikro sekitar 6.993 pelaku usaha.

”Tentunya harapan kita semua dengan kuatnya permodalan dapat membangkitkan kembali perekonomian pelaku UMKM yang terkena dampak pandemi Covid-19,” jelasnya.

Walikota menjelaskan para pelaku usaha baik mikro, kecil dan menengah di Kota Yogyakarta mempunyai potensi yang besar dalam mengembangkan perekonomian daerah.

”Keberadaan mereka selama ini mampu menjadi sumber nafkah masyarakat dan menyerap banyak tenaga kerja, dari sisi jumlah pelaku ekonomi tersebut merupakan bentuk usaha yang terbesar dan tersebar di seluruh pelosok Kota Yogyakarta,” ungkapnya.

Berdasarkan aktifitas usahanya, lanjutnya, pelaku UMKM bergerak hampir di seluruh jenis lapangan usaha dan berperan sebagai pelaku utama pembangunan di setiap sektor dan kegiatan ekonomi seperti perdagangan, jasa, industri kecil, pariwisata dan sebagainya.

”Oleh sebab itu upaya pemberdayaan usaha akan bermanfaat pada perluasan lapangan kerja dan percepatan perputaran roda perekonomian terutama di kalangan masyarakat pra-sejahtera,” bebernya.

Dengan melihat besarnya potensi tersebut dengan segala keterbatasan dan permasalahan yang ada, maka arah kebijakan dalam pemberdayaan usaha di Kota Yogyakarta adalah melalui pendekatan keberpihakan/afirmatif.

”Yang diwujudkan dalam bentuk pemberian kesempatan berusaha, dukungan peningkatan kapasitas dan keterampilan berusaha, serta perlindungan usaha, termasuk penguatan permodalan,” katanya.

Ia pun sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap melalui koordinasi ini UMKM di Kota Yogya dapat terus tumbuh dan berkembang sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan sektor-sektor lain sehingga mampu berperan signifikan dalam mencapai target pertumbuhan ekonomi, mengatasi pengangguran, dan mendukung upaya pengentasan kemiskinan. (Han)