Sambut Hari Sumpah Pemuda KNPI Gelar Rapid Test Massal

Menyambut Hari Sumpah Pemuda ke-92 Tahun 2020, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Yogya, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Yogya, menggelar rapid test massal, pada Selasa (27/10) di Pasar Beringharjo.

Asisten Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Sisruwardi yang mewakili Wakil Walikota Yogya menyampaikan bahwa rapid test massal ini adalah bagian dari penegakan protokol kesehatan dan pencegahan di lingkungan industri pariwisata. Rapid test merupakan upaya pemerintah untuk melakukan pencegahan dini dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Besok kita menghadapi libur panjang, pasti akan banyak wisatawan yang datang ke Yogya, maka rapid tes ini penting dilakukan agar mereka yang datang merasa aman dan nyaman datang ke Yogya,” katanya.

Sisruwadi juga berharap para pedagang dan para petugas yang ada di Pasar Beringharjo untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, terutama ketika libur panjang nanti.

“Insaallah libur panjang nanti akan banyak wisatawan yang datang ke Yogya, maka kita harus siap menyambut kedatangan mereka semua. Tapi ingat kita juga harus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat terutama 4 M mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan mencegah kerumunan,” kata Sisruwardi.

Ketua Majelis Pemuda Indonesia, Bambang Seno Baskoro menjelaskan kegiatan rapid test massal ini dilakukan oleh KNPI dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-92. Rencananya rapit test ini akan dilakukan kepada 100 orang peserta. Para peserta ini adalah para petugas yang berada di garda depan seperti petugas keamanan dan juga para pedagang yang ada di Pasar Beringharjo.

“Kota Yogyakarta ini adalah salah satu kota tujuan wisata, maka harapan kita dengan rapid test ini rekan-rekan yang ada di Beringharjo lebih waspada. Selain itu, harapan kita dengan adanya rapid test ini kondisi kesehatan baik petugas maupun pedagang lebih terkontrol,” katanya.

Asep salah satu peserta rapid test menyampaikan ucapan terimakasih kepada KNPI. Dengan adanya rapid test ini apapun hasilnya menjadikan dirinya lebih waspada, terutama ketika bertugas.

“Ya rapid test ini sangat baik bagi kami, karena kami bisa lebih waspada terhadap Covid-19, terutama ketika bertugas, dan mudah-mudahan pada rapid test kali ini tidak ada yang reaktif,” kata salah satu petugas keamanan pasar ini. (Muc)