Pelantikan Pengurus PRSI Kota Yogya Masa Bakti 2020-2024

Sebanyak 18 anggota Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kota Yogya masa bakti 2020-2024 dilantik oleh Ketua Umum Pengurus Daerah PRSI Daerah Istimewa Yogyakarta, Yueke Indra Agung Laksana dan disaksikan oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi. Pelantikan pengurus PRSI Kota Yogya berlangsung di Grha Pandawa Balaikota Yogyakarta, Sabtu (31/10).

Selain Wawali hadir dalam pelantikan tersebut, antara lain Ketua Umum KONI Kota Yogyakarta, Kepala Dispora Kota Yogyakarta, Ketua Umum Pengda PRSI D.I.Yogyakarta, serta para pengurus PRSI.

 Pelantikan ini mengusung tema " Solidaritas Organisasi yang Kuat Kita Rebut Kembali Juara Umum Akuatik pada PORDA XVI".

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengucapkan, selamat atas terpilihnya anggota baru PRSI masa bakti tahun 2020 – 2024 diharapkan di masa pandemi ini tetap menjaga kesehatan dan selalu aktif.

“ Bukan suatu hal yang mudah untuk meluangkan waktu, tenaga dan biaya untuk mengurus sebuah organisasi olahraga, di tengah-tengah pandemi saat ini. Adanya tuntutan untuk berprestasi memenuhi target, sementara di lain pihak ada juga keterbatasan sumber daya, misalnya sarana latihan. Semoga PRSI tetap menjadi yang terbaik dan bisa merebut kembali juara umum Akuatik pada PORDA XVI,” ungkapnya.

Heroe juga berharap, pengurus yang sudah dilantik dapat menjadi contoh dan semakin kompak dalam mengelola organisasi serta meningkatkan prestasi dibidang olahraga.

“ Semoga pengurus yang dilantik untuk periode 2020 – 2024 ini nantinya akan menjadi pengurus yang solid, kompak, tangguh dan dapat saling bantu-membantu memaksimalkan potensi yang ada, agar dapat meningkatkan prestasi dan memasyarakatkan atau mempopulerkan olahraga renang di Kota Yogya, agar dapat berprestasi di level propinsi maupun nasional,” kata Heroe.

Tak hanya itu, Wawali juga berpesan, disaat pandemi Covid-19 saat ini, diharapkan PRSI Kota Yogyakarta tetap melaksanakan program dan kegiatan yang sudah dirancang, serta menerapkan protokol kesehatan saat kegiatan berlangsung.

“ Di masa pandemi Covid-19 semoga tidak menjadi halangan pengurus PRSI Kota Yogyakarta untuk tetap menjalankan program dan kegiatan. Kegiatan pembinaan, pelatihan, koordinasi harus terus berjalan tentunya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan,” tambahnya.

Ketua PRSI Kota Yogya masa Bakti 2020-204, Rohmani dalam sambutannya mengatakan, walaupun di suasana pandemi saat ini pengukuhan pengurus PRSI Kota Yogya tetap dilaksanakan dan tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti menyediakan hand sanitizer dan tempat duduk diberikan jarak setidaknya 1 meter.

“ Dalam situasi pandemi covid-19 seperti saat ini, pelaksanaan pelantikan dan rapat kerja tetap memperhatikan dan melakukan anjuran dari pemerintah. Langkah ini sebagai bentuk kewaspadaan dan sekaligus pencegahan penyebaran penyakit Covid-19. Semoga wabah ini segera dapat ditangani kita semua, dan kembali beraktifitas,” ungkapnya.

Saat ini, PRSI sebagai cabor akuatik mengampu pada enam sub cabor yang terdiri dari Renang Lintasan, Renang Indah, Loncat Indah, Polo Air, Renang Perairan Terbuka (OWS) dan Renang Master.

Namun pada PORDA 2019 tahun lalu, hanya ada dua sub cabor yang dipertandingkan yakni Renang Lintasan (38 medali emas) dan Polo Air (2 mendali emas).

“ Dari keduanya PRSI Kota Yogyakarta hanya mampu mendapatkan 12 mendali emas, diharapkan ke depannya dengan kepengurusan baru dapat memperbanyak prestasi,” jelasnya. (Hes)