Dorong Kebangkitan Ekonomi Kampung dengan Wisata Sepeda

Pagi ini, Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi bersama jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta berkesempatan menjajal rute wisata sepeda, rombongan tersebut berkumpul di depan klenteng Poncowintan pukul 06.00 WIB.

Rombongan tersebut bersepeda mengelilingi pusat kota, seperti jalan Margo Utomo, jalan Malioboro, menyusuri kampung Ketandan, pasar Beringharjo, dan finish di Puro Pakualaman. Mereka juga sempat mampir di kawasan Kraton Yogyakarta.

“Meski didalam kota namun tetap asik karena kita bisa melihat bagunan heritage seperti klenteng poncowinatan, kleteng Gondomanan karena memang rute ini melewati kawasan kawasan heritage,” ujarnya di lokasi, Jumat (6/11/2020).

Ia mengungkapkan dengan adanya wisata sepeda, diharapkan dapat meningkatkan geliat pariwisata di Kota Yogya sehingga kebangkitan ekonomi Kota Yogya dapat berjalan dengan cepat.

“Ini bagian dari upaya kita untuk mengkampanyekan hidup sehat dengan bersepada, selain itu momentum ini juga untuk mengenalkan potensi-potensi kampung kepada masyarakat sehingga kebangkitan ekonomi kampung di Kota Yogya bisa berjalan dengan cepat,” katanya.

Wawali menjelaskan bagi wisatawan yang hendak menikmati rute wisata sepeda di Kota Yogyakarta dapat dengan mudah mengaskes rute yang ingin dilalui melalui aplikasi Jogja Smart Service/JSS di menu Gowes Kota Yogyakarta.

“Supaya wisatawan, khususnya wisatawan dari luar Kota Yogyakarta tidak kesulitan menikmati rute wisata sepeda tersebut, maka cukup mengaksesnya melalui Jogja Smart Service (JSS),” katanya.

Dalam aplikasi tersebut, sudah langsung ditunjukkan lima rute sepeda yang masing-masing memiliki tema tersendiri sekaligus jalur dan jarak tempuh yang akan dilalui.

Tak lupa pihaknya juga agar para pesepeda mengingatkan protokol kesehatan agar tetap wajib ditegakkan selama menjalani wisata sepeda, dan tentunya peraturan lalu lintas. Para pesepeda harus dalam kondisi sehat, memakai helm, masker, menjaga jarak, rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta memastikan keadaan sepeda yang dikayuh bagus.

“Bagi wisatawan yang tidak membawa sepeda sendiri, mereka dapat menggunakan fasilitas JogjaBike, sepeda yang tersedia untuk masyarakat dengan sistem sewa online. Wisatawan perlu mengunduh aplikasi Jogja Smart Service atau JSS kemudian memilih rute yang hendak dilewati,” ujarnya. (Han)