Pemkot Yogya dan PKN STAN Tanda Tangani MOU Penempatan Lulusan

Walikota Yogyakarta yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogya, Aman Yuradijaya melakukan penandatangan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) penempatan lulusan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN tahun 2020. Penandatanganan ini dilakukan secara daring bersama dengan Sekretari Jenderal (Sesjen) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI, Hardianto bersama 54 kementerian/lembaga lain, pada Kamis (12/11) di Ruang Yudhistira Kompleks Balaikota Yogyakarta.

Dalam laporannya Sesjen Kemenkeu, Hadiyanto menjelaskan bahwa berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan pada tahun 2019 diketahui bahwa penggunaan lulusan PKS STAN diperoleh penilaian atas kinerja langsung sebesar 4,19 persen dari skala 5, dan kepuasan meningkat sebesar 4,23 persen. Hal ini menunjukkan penggunaan lulusan PKS STAN memenuhi ekspektasi kinerja yang diharapkan.

Dari hasil penilaian tersebut, diketahui bahwa lulusan PKS STAN memiliki kompetensi teknis yang baik sesuai kompetensi, menyelesaikan tugas tepat waktu, memiliki etika yang baik, dan memberikan pelayanan yang mengedepankan kepuasan stakeholder.

“Lulusan STAN ini dalah putra-putri terbaik dari seluruh penjuru tanah air yang kami pilih untuk mengikuti pendidikan di PKN STAN. Mereka kami harapkan bisa membantu mengelola keuangan di masih-masing lembaga,” katanya.

Untuk tahun ini ada sebanyak 2447 yang siap berkarir di luar Kemenkeu RI yang terdiri dari sebanyak 156 orang program D1 dan 2091 orang Program D3. Para lulusan tersebut nantinya akan menduduki jabatan di bidang pengelolaan keuangan negara, antara lain sebagai auditor, pengelola keuangan, verifikator keuangan dan pengadministrasian keuangan di masing-masing kementrian/lembaga.

“Namun dari beberapa hal tersebut kami juga mendapatkan beberapa informasi adanya beberapa lulusan PKN STAN yang ditempatkan tidak sesuai bidangnya. Untuk itu kami harapkan kepada bapak ibu ke depannya para lulusan PKS STAN ini ditempatkan sesuai dengan kompetensinya,” kata Hadiyanto.

Hardiyanto menambahkan melalui MOU tersebut, komintmen bersama Kemenku dan kementrian/lembaga lainnya diharapkan bisa terwujud dengan baik dalam rangka memperkuat pengelola keuangan negara. Penyebaran lulusan PKN STAN ini juga diharapkan mampu meningkatkan akuntabilitas dan kualitas pengelola serta pengamanan keuangan negara, baik di tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun pengawasan pada seluruh instansi pemerintah. (Muc)