Pramuka Garuda Cetak Calon Pemimpin

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyerahkan penghargaan Pramuka Garuda kepada 40 anggota dari tingkat siaga, penggalang dan penegak, Minggu (15/11/2020).

Sebagai predikat tertinggi, predikat pramuka garuda tidak dimiliki oleh setiap gugus depan. Heroe mendorong semua gugus depan untuk terus berupaya mencetak pramuka garuda sebagai salah satu calon pemimpin bangsa ini.

“Gugus depan yang belum mampu mencetak pramuka garuda harus menyiapkan agar semakin banyak Gugus depan yang mencetak pramuka garuda. Apresiasi kami sampaikan kepada gugus depan yang setiap tahun mampu mencetak pramuka garuda,” kata Heroe di Balaikota hari ini.

Pihaknya menyebut 40 pramuka garuda tersebut merupakan hasil seleksi ketat terhadap anggota yang telah memenuhi kriteria dan persyaratan sebagai pramuka garuda.

“Pramuka garuda adalah predikat tertinggi dari setiap tingkatan. Mereka yang mendapatkan ini adalah orang-orang terbaik dalam upaya meraih kecakapan yang dipersyaratkan. Mereka Selama ini tentu mencoba melengkapi dirinya sehingga persyaratan terpenuhi,” jelasnya.

Heroe mengingatkan, pramuka garuda memiliki kewajiban menjadi teladan baik di gugus depan, lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Tugas tersebut memang tidak mudah, dan harus menjaga diri agar mampu mencerminkan sebagai seorang pramuka garuda.

“Itu memerlukan niat baik, agar semua bisa menunjukkan bahwa predikat ini adalah yang memang istimewa dalam pramuka di Indonesia,” imbuh Heroe.

Dikatakan, dalam pundak pramuka garuda tersemat sebuah amanat yang harus selalu ditunjukkan pada setiap aktivitas. Semua anggota ingin  mencapai predikat ini karena predikat tertinggi.

“Mereka yang sudah memperoleh pasti mempunyai penguasaan dan mampu menjalankan tri satya dan dasa darma,” tandasnya. (Tam)