Upacara Virtual 17 November 2020

Setiap tanggal 17 setiap bulannya diadakan upacara dengan menggunakan seragam KORPRI untuk para ASN. Pemerintah Kota Yogyakarta biasanya melangsungkan upacara secara langsung di halaman Balai Kota dengan diikuti ASN se-Kota Yogyakarta. Namun semenjak wabah Covid-19 untuk upacara setiap bulan ini dilakukan secara virtual dan diikuti di lokasi OPD (Organisasi Perangkat Daerah) masing-masing.

Upacara Virtual bulan ini yaitu 17 November 2020 dilaksanakan dalam rangka memperingati 3 hari besar yaitu Hari Pahlawan, HKN ke-56, serta HUT KORPRI ke-49. Hari Pahlawan jatuh pada tanggal 10 November 2020 dengan tema “Pahlawanku Sepanjang Masa”, sedangkan HKN (Hari Kesehatan Nasional) jatuh pada tanggal 12 November 2020 dengan tema “Satukan tekat Menuju Indonesia Sehat”, dan HUT KORPRI (Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia) jatuh pada tanggal 29 November dengan tema “Korpri Berkontribusi Melayani dan Mempersatukan Bangsa”.

Upacara kali ini Pemerintah Kota Yogyakarta melakukan upacara secara Virtual dan Kantor Kecamatan Wirobrajan mengikuti melalui zoom di aula bugis pada pukul 07.30 WIB. Upacara dipimpin langsung oleh Wakil Walikota yaitu Bapak Heroe Poerwadi. Upacara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan Mengheningkan Cipta. Kemudian dilakukan pembacaan teks Pancasila, pembacaan pembukaan UUD 1945, pembacaan Kode Etik Pegawai Pemerintah Kota Yogyakarta, serta pembacaan doa.

Setelah upacara selesai seluruh peserta upacara di Kecamatan Wirobrajan mengakhiri dengan tepuk tanggan selama 56 detik dalam rangka peringkatan HKN ke-56 dan menyanyikan lagu Mars Korpri secara bersamaan dalam rangka peringkatan HUT KORPRI. Saat menyanyikan Mars Korpri diikuti dengan cara meriah bersamaan dengan mengibarkan bendera kecil dengan logo Abdi Negara.