SINERGISITAS BABINSA, BHABINKAMTIBMAS DAN SATPOL PP, PATROLI SAMBANG POS KAMLING DI WILAYAH BINAAN BERI BIMBINGAN KAMTIBMAS 

SINERGISITAS BABINSA, BHABINKAMTIBMAS DAN SATPOL PP, PATROLI SAMBANG POS KAMLING DI WILAYAH BINAAN BERI BIMBINGAN KAMTIBMAS 

 

YOGYAKARTA, - Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) merupakan salah satu usaha dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat. Dalam pelaksanaan kegiatan ataupun aktivitas Siskamling, dilakukan dengan ronda, berjalan berkeliling (patroli) untuk menjaga keamanan di Kampung / Desa, baik dengan jalan kaki atau pun menggunakan kendaraan bermotor. 

 

Karena pentinya Siskamling dalam menjaga Kamtibmas di wilayah binaan, Babinsa Kelurahan Wirobrajan Koramil 10/Wirobrajan Kodim 0734/Kota Yogyakarta Serda Tri Maryaka, bersama Babinkamtibmas Polsek Wirobrajan dan Satpol PP Kota Yogyakarta melaksanakan sambang Pos Kamling di Rt. 51 Rw. 11 Ketanggungan, Kelurahan Wirobrajan, Kecamatan Wirobrajan Kota Yogyakarta. Rabu (18/11/2020).

 

Bapak Juwarnomo sebagai ketua regu ronda menjelaskan, dalam ronda biasanya terbagi menjadi beberapa kelompok untuk berpatroli dan menyebar di setiap lini perumahan warga di Rt. 51 ini, sambil mengambil jimpitan (berupa uang Rp.500,00) yang disiapkan di dalam wadah kecil yang terletak di bagian depan setiap rumah warga."jelasnya.

 

Serda Tri Maryaka pada kesempatan ini juga menyampaikan, Siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan) merupakan upaya bersama dalam meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat yang memberikan perlindungan dan pengamanan bagi masyarakat dengan mengutamakan upaya-upaya pencegahan dan menangkal bentuk-bentuk ancaman dan gangguan Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat).

 

”Kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi bidang keamanan dan ketertiban, merupakan potensi pengamanan swakarsa yang perlu dilestarikan dan ditingkatkan guna menumbuhn kembangkan sikap temu cepat, lapor cepat apabila ada permasalahan di masyarakat."katanya.

 

"Selain itu, kepekaan dan daya tanggap setiap warga masyarakat sangat dibutuhkan didalam mewujudkan keamanan dan ketertiban disetiap lingkungannya masing-masing."tegas Tri Maryaka. 

 

Ditempat yang sama Aipda Sumaryanto Bhabinkamtibmas Polsek Wirobrajan juga menjelaskan, Siskamling juga merupakan salah satu model Polmas (Polisi Masyarakat) dalam memberikan risribusi komunikasi serta informasi secara external (dari dan bagi masyarakat) dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat di setiap waktu dan merupakan potensi pengamanan swakarsa yang berazaskan gotong royong, kerjasama, budaya paguyuban yang menjiwai dalam setiap kehidupan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan rasa aman."jelasnya.