Puluhan Mobil Antik Berjejer di Halaman Balaikota Yogyakarta

Pagi ini, Minggu (22/11/2020) puluhan mobil kuno nan antik berjejer rapi di halaman air mancur Balaikota Yogyakarta, puluhan mobil tersebut adalah koleksi dari para anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI).

PPMKI merupakan Komunitas pencinta mobil kuno yang terbentuk pada tanggal 13 November 1979. Kedatangan puluhan mobil antik tersebut ke Balaikota Yogyakarta untuk mengikuti pameran arsip transportasi bersejarah 2020 yang di gelar di komplek Grhatama Pustaka mulai tanggal 20-28 November 2020.

Pada kesempatan tersebut PPMKI ini juga memamerkan beberapa koleksi mobil anggotanya, salah satunya ada koleksi mobil yang dahulu pernah dipakai oleh presiden pertama Indonesia yaitu Ir Soekarno, serta mobil Sri Sultan HB IX ketika menjadi wakil presiden.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti juga sempat meninjau dan mencoba mobil-mobil antik tersebut.

Menurutnya seni dan hobi merupakan bahasa universal yang mampu menghilangkan perbedaan dan memperkuat kerukunan.

Melalui keberadaan mobil klasik, lanjutnya, kita dapat belajar sejarah serta memberikan pengetahuan bagi generasi muda sekarang bekal kehidupan di masa depan.

"Kemajuan sebuah bangsa dan negara tidak terlepas dari penghargaan sejarah, oleh karenanya hargailah sejarah, rawatlah sebaik-baiknya, karena ini menjadi kekayaan tak ternilai," ujarnya.

Iapun sangat mengapresiasi acara pameran arsip transportasi bersejarah 2020. Walikota berharap pameran tersebut dapat menjadi media untuk meningkatkan apresiasi terhadap kendaraan klasik, memberikan ruang ekspresi dan wahana bertukar informasi serta pengenalan nilai-nilai sejarah pengalaman bagi masyarakat.

Selain sekaligus menjadi ajang hiburan dan sumber informasi berkaitan dengan kendaraan bersejarah bagi masyarakat luas.

"Marilah kita jadikan pameran arsip alat transportasi ini even yang bermakna dan menarik karena unsur kreatif, eksploratif dan inovatif yang membangun karakter dan kepribadian peserta dan pengunjungnya," kata Walikota. (Han)