Partisipasi Masyarakat Percepat Pengembangan Smart City

Masyarakat dinilai memiliki peran penting dalam mengembangkan smart city di Kota Yogyakarta, hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat evaluasi tahap I menuju 100 smart city oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Senin (23/11/2020).

“Pelibatan masyarakat dalam menyiapkan dan mengembangkan smart city sangat dibutuhkan, tanpa itu prosesnya tentu tidak akan maksimal,” ucapnya.

Dikatakan salah satu tujuan smart city Kota Yogyakarta adalah meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi dalam pelaksanaan pemerintahan dan pelayanan masyarakat melalui pembenahan sistem dan prosedur kelembagaan yang sesuai dengan kebutuhan serta memanfaatkan dukungan teknologi dan informasi yang terintegrasi. 

Pihaknya menegaskan bahwa Kota Yogyakarta sebagai smart city tidak hanya slogan saja, hal itu terus dibuktikan dengan mengembangkan dan mengevaluasi sehingga memberikan inovasi yang bisa dinikmati langsung oleh masyarakat.

“Dengan begitu tugas kami tidak hanya membuat aplikasi sebanyak-banyaknya, namun aplikasi tersebut harus mampu memudahkan masyarakat dan menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat,” tandasnya.

Sejak Launching 7 Juni 2018, Jogja Smart City telah digunakan oleh 65.375 lebih pengguna dan akan terus bertambah. Dengan perubahan inovasi berupa digitalisasi layanan kepegawaian, digitalisasi layanan publik, akselerasi pelayanan publik, integrasi pelayanan dengan konsep single id, single window dan single sign-on.

“Total ada enam dimensi smart city Kota Yogyakarta yang akan terus dikembangkan, yakni dari smart governance, smart branding, smart economy, smart environment, smart society, dan smart living,” urainya.

Di tengah pandemi Covid-19, sambungnya Pemerintah Kota Yogyakarta terus mendorong inovasi, pada dimensi smart branding misalnya, melalui Gowes Kampung wisata dan pada 25 September 2020 telah dilaunching 5 jalur wisata sepeda beserta titik destinasinya sudah ada di aplikasi Jogja Smart Service.

Di sisi lain juga diluncurkan inovasi quick wins respons pandemi covid-19 kunjungan (kunjungan.jogjakota.go.id). Merupakan aplikasi berbasis web yang disediakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta untuk pencatatan pengunjung yang memasuki ruang publik kawasan wisata hingga hotel. (Tam)