Bimtek Pra Musrenbang

Dalam proses pembangunan masyarakat diawali dengan perencanaan, karena dengan perencanaan yang baik akan menghasilkan pembangunan yang baik dan berkelanjutan.Pelibatan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi meraka, dalam proses pembangunan yang akan di laksanakan tentang bagaiman yang seharusnya di lakukan pemerintah serta sebaliknya yang harus di lakukan masyarakat dalam pembangunan yang akan di laksanakan.

Untuk menguatkan peran masyarakat dalam proses perencaan dalam hal ini Musrenbang, maka diadakan Bimtek Pra Musrenbang, yang dalam bimtek ini diberikan pemahaman tentang perencanaan, konsep pembangunan serta proses usulan dan perencanaan untuk menghasilkan konsep pembangunan yang baik di kelurahan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kelurahan Pringgokusuman bersama LPMK Pringgokusuman pada hari Rabu-Kamis 18-19 November 2020 bertempat di Aula Kantor Kelurahan Pringgokusuman, dengan pendanaan dari Dana Kelurahan.

Dalam Kegiatan Bimtek ini menghadirkan narasumber dari Bappeda Kota Yogyakarta dengan materi Musrenbang 2021, Bagian Tapem Kesra dengan materi Pelimpahan sebagian kewenangan Walikota kepada Camat, DPMPPA Kota Yogyakarta dengan materi Pemberdayaan dalam Pembangunan dan Asosiasi LPMK Kota Yogyakarta dengan materi Sinergitas Kelembagaan Masyarakat di Wilayah.

Dalam bimtek ini diharapkan masyarakat dapat merencanakan kegiatan yang terfokus pada konsep pembangunan wilayah yang paling banyak berdampak meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengurangi angka kemiskinan dan memperkecil ketimpangan pendapatan. Kegiatan yang diusulkan berorientasi pada perubahan sebelum dan sesudah pembangunan serta berkelanjutan sampai tuntas, tidak hanya sekedar melaksanakan kegiatan.

Tindak lanjut dari bimtek ini adalah pengumpulan usulan kegiatan dari kampung, lembaga kemasyarakat kepada Tim LPMK, yang nantinya akan direkap dan menjadi bahan untuk pelaksanaan Pra Musrenbang dan berlanjut kepada Musrenbang yang akan dilaksanakan tahun 2021 untuk kegiatan tahun 2022.