PSC 119 Pemkot Yogya jadi Finalis IHAI 2020

Layanan Public Safety Center PSC 119 milik Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menjadi finalis Indonesia Healthcare Inovation Awards (IHAI) 2020.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi dalam paparannya menjelaskan jika layanan PSC 119 merupakan integrasi dari layanan inovasi Pemkot Yogya yaitu Yogyakarta Emergency Service (YES) yang sudah ada sejak 2008.

 ''PSC 119 memberikan pelayanan penananganan pertama kegawatdaruratan maupun kecelakaan atau pra-hospital yang terjadi di masyarakat dan bantuan rujukan ke rumah sakit yang bekerjasama dengan PSC 119 YES," ujarnya di ruang Yudistira, Selasa (24/11/2020).

Wawali menjelaskan pelayanan yang diberikan PSC 119 kepada masyarakat ini bebas biaya alias gratis. "PSC 119 ini adalah layanan pemberian pertolongan pertama, penananganan, dan bantuan rujukan kegawatdaruratan," jelasnya

Ia menambahkan bagi masyarakat maupun wisatawan atau siapapun yang mengalami kecelakaan atau kegawatdaruratan yang lokasinya di Kota Yogyakarta, maka Pemkot Yogya akan menanggung biaya pengobatan selama 1x24 jam.

"Untuk mengakes layanan ini dapat melalui beberapa berbagai cara yakni melalui telpon lokal 0274 420118, Call Center 119 atau melalui Aplikasi Jogja Smart Service (JSS)," katanya.

Sampai saat ini PSC 119 telah memiliki 3 ambulans, ambulans ini dilengkapi dengan fasilitas "lifesaving" yang cukup lengkap seperti alat bantu pernafasan serta peralatan untuk mendukung keselamatan bayi dalam keadaan gawat darurat.

"Selain itu juga ada 22 unit ambulans jejaring milik RS yang telah bekerjasama dengan kami," jelasnya.

Pihaknya menegaskan jika penanganan kegawatdaruratan tersebut prosesnya tidak lebih dari 15 menit setelah memperoleh informasi. "Kami berkomitmen menjaga `response time` kurang dari 15 menit sejak memperoleh informasi," katanya.

Layanan ini juga telah bekerjasama dengan Rumah Sakit jejaring seperti RS Jogja Kota, RS dr Soetarto, RS PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta, RSKB Soedirman, RS Bethesda, RS Bethesda Lempuyangan, RS Panti Rapih, RSI Hidayatullah, RS Ludira Husada Tama, RS Happy Land, dan RS Pratama.

Beberapa keunggulan layanan ini adalah Dilengkapi SDM dokter umum yang turun langsung ke lapangan, selain driver ambulan dan perawat terlatih, Memiliki Ambulans spesifikasi gawatdarurat maupun transport, dan Sudah berstatus Unit Pelaksana Teknis (UPT) sehingga penganggaran operasional lebih terjamin dan SOTK lebih jelas. (Han)