Pramuka Harus Menjadi Wadah Edukasi yang Baik Bagi Generasi Muda

 

Heroe Poerwadi disahkan sebagai Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Yogya masa bakti 2020-2025 dalam Musyawarah Cabang (Muscab) gerakan Pramuka Kwarcab Kota Yogya Tahun 2020, Minggu (29/11) di Ruang Bima Balaikota Yogya. Pemilihan dilakukan secara  langsung oleh seluruh anggota Kwarcab Kota Yogya.

Dalam kesempatan itu sekaligus dilakukan musyawarah program yang telah dilakukan oleh gerakan pramuka kwartir cabang Kota Yogya pada masa bakti 2020-2025. Musyawarah dilakukan beberapa tahapan, yang pertama dilakukannya sidang pleno I. Dimana para anggota melaporkan bentuk pertanggung jawabannya pada masa periode 2015-2020. Nantinya dalam sidang pleno I dibagi dalam beberapa komisi - komisi mulai dari komisi A, B dan C.

Disetiap komisi pembahasan berbeda- beda. Komisi A membicarakan mengenai organisasi dan tata kerja gerakan pramuka pada masa bakti 2020-2025.

Dalam kesempatan tersebut, Komisi B merencanakan kerja gerakan pramuka dan Komisi C memilih ketua Kwarcab,  pembentukan formatur dan lembaga pemeriksaan keuangan (LPK) serta dilanjutkan dengan sidang pleno II.

Ketua Kwarcab Kota Yogya yang juga Wakil Walikota Yogya,  Heroe Poerwadi menyampaikan bahwa, kegiatan Pramuka diharapkan dapat terus mencapai eksistensinya, walaupun di masa pandemi saat ini.

“Semoga dengan adanya gerakan Pramuka kwartir cabang Kota Yogya diharapkan terus bertanggung jawab dan bergotong royong. Mampu membina dan harus bisa menjadi salah satu wadah edukasi yang dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam membina generasi penerus bangsa walaupun saat ini kita sedang mengalami musibah covid-19," ungkapnya.

Disamping itu, kegiatan ini juga  membahas tentang penyusunan Rencana Kerja Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Yogya Tahun 2020-2025 serta melaporkan pertanggungjawaban pada masa bakti 2015-2020.

Heroe mengatakan, kegiatan ini juga membahas mengenai pengembangan dan peningkatan kualitas kegiatan Pramuka. Diharapkan pada periode 2020-2025, Pramuka menjadi lebih baik dan bermanfaat terutama bagi kaum muda.

"Semoga pemilihan ketua dan anggota periode 2020-2025 dapat saling bekerja sama dalam mengembangkan gerakan pramuka dan menjadikan pramuka semakin jaya," ungkap Heroe.

Sementara itu, Wakil Ketua Bina Muda,  Suraji Widarta mengatakan, hingga saat ini Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Yogya terus memberikan yang terbaik, kegiatan muscab ini sekaligus sebagai evaluasi kerja periode 2015-2020.

Ia juga mengucapkan, terima kasih kepada anggota Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Yogya periode 2015-2020 yang sudah memberikan sumbangsih dalam proses membangun pramuka disegala bidang menjadi lebih baik dari sebelumnya.

" Harapan ke depan sudah banyak memberikan sumbangsih dalam proses pembangunan di segala bidang dari tingkat kota hingga nasional. Dengan adanya Muscab ini, diharapkan akan lahir pemikiran-pemikiran mencerahkan yang mampu berkontribusi bagi pembangunan di Kota Yogya," kata Suraji. (Hes)