Penyaluran ZIS Baznas Kota Yogya Bantu Penanggulangan Covid-19

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogya menyalurkan bantuan dana yang berasal dari Zakat, Infaq dan Sodaqoh (ZIS) sebesar Rp704.550.000 pada triwulan empat tahun 2020. Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Asisten  Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkot Yogya, Sisruwardi mewakili Walikota Yogya, pada Kamis (3/12) di Masjid Deponegoro, Kompleks Balaikota Yogya.

Sisruwardi mengucapkan  terima kasih serta apresiasinya kepada Baznas yang telah membantu Pemerintah Kota Yogya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan warga.

“Bantuan yang disalurkan Baznas ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang positif bagi penerima manfaaat dan dapat meringankan beban mereka,” kata Sisruwardi.

Selain itu, sebagai Koordinator Satgas Pencegahan Covid-19 Kota Yogya, Sisruwadi mengingatkan kepada masyarakat agar menumbuhkan kesadaran diri dalam menerapkan protokol kesehatan, mengingat beberapa hari terakhir ini kasus Covid-19 di Kota Yogya sedikit mengalami kenaikan.

“Saya berharap warga Yogya, maupun warga yang datang ke Yogya untuk dengan sadar diri menerapkan protokol kesehatan. Hal ini bukan hanya untuk mereka sendiri tetapi agar kita semua terhindar dari virus Corona,” katanya.

Ketua Baznas Kota Yogya, Samsul Azhari menambahkan pendistribusian ZIS Baznas Kota Yogya di  triwulan empat tahun 2020 adalah upaya Baznas untuk membantu Pemerintah Kota Yogya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan juga untuk mendukung program Pemkot Yogya dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

Adapun rincian pentasyarufan ZIS kali ini adalah beasiswa anak pegawai atau guru honorer kurang mampu yang berjumlah 950 anak, beasiswa jariah santri Taman Kanak-kanak Alquran (TKA), Taman Pendidikan Alquran (TPA), Madrasah Diniyah (Madin) sebanyak 5500 santri. Kafalah guru ngaji TKA, TPA, dan Madrasah Diniyah sebanyak 396 orang penerima.

Selanjutnya bantuan juga akan diberikan ke Mualaf Center (MCB) untuk kafalah dai, mualaf dan logistik mualaf sebanyak 52 orang penerima. Pendistribusian sembako dan watafel ke 3 sekolah, bakti sosial barak pengungsian merapi, dan santunan Nakes RS Jogja.

Lebih lanjut, Samsul Azhari menuturkan, selain pentasyarufan dana ZIS, dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) sinergi antara Baznas Kota Yogya dengan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan juga dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah. (Muc)