VALIDASI CKPM TAHUN 2021 KEMANTREN UMBULHARJO

Bertempat di Pendopo Kemantren Umbulharjo, Rabu 13 Januari 2021 diadakan kegiatan validasi data CKPM (Calon Keluarga Penerima Manfaat) PKH (Program Keluarga Harapan). Program pemberian bantuan sosial bermasyarakat kepada keluarga miskin dan rentan miskin yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. Program ini merupakan salah satu program dari Kementrian Sosial Republik Indonesia yang bertujuan untuk mengurangi angka dan kemiskinan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta mengubah perilaku yang kurang mendukung peningkatan kesejahteraan dari kelompok paling miskin.

Kegiatan validasi tersebut mencocokan data awal dengan bukti/fakta sesuai kriteria untuk memperoleh data CKPM yang sebenarnya. Tujuan dari validasi adalah untuk mendapatkan kondisi terkini dari CKPM dan memastikan bahwa CKPM benar-benar memiliki komponen PKH umtuk alur validasi CKPM sebagai berikut :

  1. CKPM mendapatkan SUPA ( Surat Undangan Pertemuan Awal)
  2. Validasi Data yang dilakukan dengan cara wawancara dan kroscek kondisi kepemilikan asset lapangan
  3. Input Data Keluarga Penerima Manfaat
  4. Final Closing Data Penerima Manfaat

Kegiatan Validasi CKPM di Kemantren Umbulharjo dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku di masa pandemi covid19 saat ini. Data CKPM Kemantren Umbulharjo berjumlah 409 CKPM yang tersebar di 7 Kelurahan yaitu 27 CKPM di Kelurahan Giwangan, 88 CKPM di Kelurahan Sorosutan, 55 CKPM di Kelurahan Pandeyan, 35 CKPM di Kelurahan Warungboto, 61 CKPM di Kelurahan Tahunan, 69 CKPM di Kelurahan Semaki dan 74 CKPM di Kelurahan Muja Muju.

Validasi dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB. Ada beberapa undangan yang kembali ke pendamping dikarenakan yang bersangkutan sudah mampu/tidak layak mendapatkan PKH, sudah meninggal dunia, tidak ditemukan dan atau pindah alamat serta juga ditemukan beberapa CKPM merupakan cucu, sedangkan kriteria PKH hanya merupakan keluarga inti yang memiliki anak yang SD sampai SMA dan kriteria bidang kesehatan yaitu Hamil, Balita, Lansia, bagi penerima undangan yang tidak hadir pendamping melakukan Home Visit ke beberapa CKPM untuk melakukan Validasi.