Kuatkan Status Kelurahan Budaya, Kelurahan Terban Bangun Taman Wayang

Kelurahan Terban merupakan satu dari dua Kelurahan Budaya di Kota Yogyakarta, selain Kelurahan Kricak. Untuk menguatkan status sebagai Kelurahan Budaya ini dan sekaligus untuk terus mengembangkan potensi budaya masyarakat, Kelurahan Terban akan mendirikan Taman Wayang pada 2022 mendatang.

Lurah Terban, Narotama mengatakan jika taman Wayang yang akan didirikan di wilayah Terban tersebut juga akan mengenalkan tokoh-tokoh wayang serta cerita pewayangan kepada masyarakat. Selain itu Taman Wayang ini juga sebagai dukungan terhadap Kelurahan Budaya.

“Karena di bangun pada masa pandemi Covid-19, Taman Wayang juga akan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat, sehingga akan disediakan fasilitas protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan, sabun dan termo gun. Diharapkan Taman Wayang ini bisa semakin mengembangkan potensi seni-budaya masyarakat Terban,” jelasnya, Rabu (14/4/2021).

Ia menjelaskan dalam Taman Wayang ini juga akan dimasukkan sejumlah komponen diantaranya gunungan art sebagai pintu masuk, 3D art wall painting tema wayang, 3D art floor painting tema wayang, papan penunjuk arah Jawa, spot wall quote untuk foto, dinding edukasi dengan tema nama-nama lakon wayang, tempat duduk tema wayang.

“Kemudian dilengkapi pula sejumlah komponen taman pada umumnya seperti tempat duduk besi, pedestrian walk in park, vegetasi tanaman hias, rumput gajah mini, area edukasi tanaman obat, area bermain anak, area kuliner dan tiang lampu penerangan bertema Jawa,” katanya.

Ia berharap Taman Wayang juga mampu mengembangkan potensi kuliner dan kerajinan dari masyarakat sekitar, karena di situ juga disediakan area kuliner.

“Nantinya pada saat event juga akan menampilkan produk UMKM (usaha mikro kecil menengah) dari warga masyarakat Terban,” ucapnya.

Pembangunan Taman Wayang dan sejumlah pembangunan lainnya akan dibahas dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Kelurahan Terban dengan tema Percepatan Peningkatan Ekonomi Masyarakat dengan Fokus Wisata Berbasis Budaya. (Han)