Sekolah Adiwiyata Peringati Hari Bumi 2021

 

Tanggal 22 April 2021 merupakan Peringati Hari Bumi Sedunia (Earth Day). Beda dari tahun sebelumnya, peringatan Hari Bumi tahun ini bertemakan "Restore Our Earth" atau Pulihkan Bumi Kita, dengan harapan masyarakat ikut menjaga Bumi, pulih dari masa pandemi Covid-19. 

Di Kota Yogyakarta sendiri berbagai kegiatan di laksanakan dalam memperingati Hari Bumi. Salah satunya kegiatan yang dilakukan oleh sekolah adiwiyata.

Sebagai peran aktif sekolah adiwiyata dalam memperingati hari bumi sedunia tahun 2021, mereka melakukan kegiatan seperti pembibitan, penanaman, pemeliharaan tanaman, bersih-bersih lingkungan sekolah, bahkan memanen lele.

Sekolah adiwiyata sendiri diantaranya merupakan sekolah dari SMA Negeri 10, SD Negeri Warungboto, SMP Negeri 6, serta SNP Bopkri 3.

Kepala Seksi Pengembangan Sumber Daya Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta, Christina Endang mengatakan, dengan adanya kegiatan disekolah adiwiyata ini semoga kedepannya juga ditiru oleh beberapa sekolah, agar menciptakan sekolah yang nyaman, bersih dan lebih mencintai bumi.

''Diharapkan dengan adanya hari bumi ini, semua masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan, menanam untuk menghijaukan bumi, dan ikut serta merawat bumi dari pencemaran lingkungan,'' ungkapnya.

Tambahnya, dengan adanya kegiatan peringatan Hari Bumi ini diharapkan masyarakat terus memelihara lingkungan hidup dan berbuat baik untuk bumi dengan melakukan langkah-langkah kecil.

"Harapannya, kita jaga bumi ini dengan baik, kita pelihara bumi kita dengan baik. Dengan berbagai cara salah satunya menciptakan lingkungan yang bersih, indah, hijau dan terawatnya bumi dimulai dari peduli lingkungan sejak usia dini,'' Kata Christina Endang saat diwawancarai, Jumat (23/4/21).

Kegiatan yang dilakukan sekolah adiwiyata ini merupakan salah satu langkah nyata untuk memperingati Hari Bumi se Dunia. Dukungan yang dilakukan dalam melindungi lingkungan hidup, adalah dengan menjaga tanaman dan ikut berkontribusi dalam merestorasi daerah-daerah yang alamnya telah terdegradasi, contohnya seperti ikut menanam pohon.

Selain itu, langkah kecil lainnya diharapkan masyarakat dapat melakukan dari diri sendiri seperti tidak membuang sampah secara sembarangan di lingkungan sekitar. ''Bantu kami dalam melakukan hal-hal kecil, simpelnya saja tidak membuang sampah sembarangan, maka ini merupakan bentuk salah satu hal yang dapat menjaga bumi kita,'' jelasnya. (Hes)