Walikota Minta Anak Muda Jogja jadikan Pramuka sebagai Gaya Hidup

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta melantik dan mengukuhkan Pengurus Kwartir Cabang dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta pada Kamis (22/4) di Grha Pandawa, Kompleks Balaikota, Timoho, Yogyakarta.

Dalam sambutannya Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti berharap gerakan Pramuka bisa menjadi pelaku utama dalam penguatan ketahanan masyarakat serta pemberdayaan masyarakat dalam mengatasi dampak Pademi Covid-19.

“Kami berharap pramuka bisa menjadi mata, telinga bahkan seluruh fungsi lahir dan batiniah manusia untuk menjaga dan merawat tetangga serta lingkungan sekitar kita, agar dampak dari pandemi ini tidak menjadi beban yang berat akan tetapi dapat segera bangkit, pulih kembali seperti sedia kala,” kata Haryadi.

Lebih lanjut Haryadi  mengajak segenap anak muda di Kota Yogyakarta untuk dapat menjadikan gerakan Pramuka sebagai bagian dari gaya hidup

“Mari kita jadikan gerakan Pramuka menjadi bagian dari gaya hidup anak muda di Kota Yogyakarta melalui kegiatan yang kreatif dan inovatif”, ujar Haryadi.

Sementara, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka DIY, GKR Mangkubumi mengungkapkan bahwa gerakan Pramuka memiliki tanggung jawab dalam menghadapi berbagai tantangan serta permasalahan yang ada di masyarakat.

“Hal ini merupakan amanah dari Trisatya Pramuka kedua yang berbunyi Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat “, tutur Mangkubumi.

Mangkubumi juga meminta agar kwartir cabang dapat meningkatkan inovasi kegiatan dan materi pelatihan secara sistematis, terencana dan berkelanjutan guna memantapkan organisasi, sistem manajemen dan sumber daya.

“Agar nantinya mampu membangkitkan kembali gairah kegiatan kepramukaan di tingkat cabang,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu dilakukan pula pelantikan dan Pengukuhan Dewan Kehormatan dan Satuan Pengawas Internal Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta oleh Ketua Kwartir Cabang, Heroe Poerwadi setelah sebelumnya dilantik dan dikukuhkan sebagai Ketua Kwartir Cabang periode 2020-2025. (ant)