Wali Kota Yogya Pantau Vaksinasi Covid-19 di GL Zoo

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, memantau langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Gembira Loka Zoo (GL Zoo). Vaksinasi dilaksanakan di area parkir atas yang berlokasi di sayap barat Gembira Loka pada Rabu (28/04/2021). 
Haryadi mengapresiasi GL Zoo karena telah menyediakan tempat. Pihaknya berpesan agar metode kerja sama vaksinasi antar instansi atau institusi baik itu pemerintah maupun BUMN, atau swasta seperti GL Zoo juga dapat diterapkan di tempat lain.
“Ini adalah contoh kerja sama yang baik. Jadi kalau ada yang berinisiatif seperti ini, mau menyediakan tempat, silahkan bilang ke Pemerintah Kota Yogyakarta. Kita siap datang bawa vaksin dan petugas, syukur-syukur kalau vaksinatornya juga disediakan,” kata Haryadi saat memantau vaksinasi Covid-19 di GL Zoo. 

Kepala Daerah Kota Yogya tersebut menjelaskan bahwa vaksinasi yang dilakukan juga mempunyai standar pelayanan. Selain untuk menunjang keamanan penerima dan petugas vaksin, standar pelayanan juga bertujuan menjaga kenyamanan serta ketertiban area vaksinasi. Salah satunya adalah disiplin pengaturan waktu sesuai dengan undangan yang diberikan kepada calon penerima vaksin sebagai upaya mencegah terjadinya kerumunan.

Dalam momen tersebut, turut hadir perwakilan-perwakilan dari seluruh rumah sakit di wilayah Kota Yogyakarta. Haryadi mengajak agar rekan-rekan dari rumah sakit bersedia untuk bekerja sama menyukseskan vaksinasi Covid-19. Selain itu, ia juga berpesan agar setiap rumah sakit menyediakan ruang karantina sementara untuk pasien yang baru saja mendapat hasil pemeriksaan lab dengan hasil positif.

“Orang yang baru saja mendapatkan hasil pemeriksaan positif tentu saja mengalami shock. Kita tidak boleh membiarkan mereka begitu saja, sehingga kita perlu menyediakan ruang karantina sementara sebelum penanganan intensif dilakukan,” terang Haryadi.

Sementara itu Direktur Utama GL Zoo yaitu KMT A. Tirtodiprojo atau pria yang akrab dipanggil Joko tersebut menghaturkan terima kasih atas sambutan baik Pemerintah Kota Yogyakarta terkait permohonan vaksin untuk karyawan GL Zoo.
“Kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Yogyakarta. Ke depannya kerja sama yang baik seperti ini perlu terus dijaga,” ujar Joko. (Fjr)