Pengurus Pastoral Gereja Katolik Yogya Ikuti Vaksinasi

Vaksinasi Covid-19 di Kota Yogyakarta Terus Digencarkan, Kali ini Giliran Pengurus Pastoral Gereja Katolik 

Pemerintahan Kota (Pemkot) Yogyakarta terus melakukan tindakan preventif untuk mencegah terjadinya kenaikan kasus Covid-19 di Kota Yogyakarta.

Adapun tindakan yang diambil diantaranya mensosialisasikan protokol kesehatan 5m yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan salah satu cara sosialisasi prokes tersebut dengan menggunakan kendaraan roda 4 yang sudah disediakan dan berputar di arah kota untuk mengingatkan warga mengimplementasikan protokol kesehatan.

Selain itu Pemkot Yogyakarta juga terus mempercepat gelaran vaksinasi agar muncul kekebalan komunal. Ia mengatakan program vaksinasi pun terus di gencarkan oleh Pemkot Yogyakarta, kali ini yang menjadi sasaran adalah pengurus pastoral Gereja Katolik yang ada di Kota Yogyakarta dengan total 1215 peserta.

"Pemkot melalui Satgas penananganan Covid-19 tidak henti-hentinya mempromosikan vaksin sehingga masyarakat siap untuk divaksin, khususnya bagi mereka yang masuk di usia pra-lansia dan lansia," katanya saat meninjau vaksinasi di Gembiraloka Zoo, Jumat, (18/6/2021).

Ia pun mengapresiasi GL Zoo karena telah menyediakan tempat. Pihaknya berpesan agar metode kerja sama vaksinasi antar instansi atau institusi baik itu pemerintah maupun BUMN, atau swasta seperti GL Zoo juga dapat diterapkan di tempat lain.

“Ini adalah contoh kerja sama yang baik. Jadi kalau ada yang berinisiatif seperti ini, mau menyediakan tempat, silahkan bilang ke Pemkot Yogyakarta. Kita siap datang bawa vaksin dan petugas, syukur-syukur kalau vaksinatornya juga disediakan,” katanya.

Hingga saat ini sudah ada 32 fasilitas layanan kesehatan di Kota Yogyakarta yang melayani vaksinasi Covid-19 seperti puskesmas, rumah sakit dan klinik.

Walikota menegaskan Pemkot Yogyakarta terus menambah fasilitas layanan kesehatan untuk melayani vaksinasi Covid-19.

Tak sampai disitu Pemkot Yogya juga akan merencanakan pembentukan sentra vaksin di berbagai lokasi. Upaya itu guna mendukung percepatan vaksinasi yang menyasar masyarakat umum.

Pihaknya menyebut sentra vaksin salah satunya akan didirikan di kompleks Balaikota Yogya. "Beberapa lokasi juga kita siapkan seperti di Lippo Mal serta lokasi lain. Kalau nanti segala sesuatunya sudah siap akan langsung kita sosialisasikan," sebutnya.

Keberadaan sentra vaksin ialah untuk memudahkan sekaligus mempercepat teknis vaksinasi bagi masyarakat. Sehingga warga tidak perlu bingung dalam menghadapi pendataan pra vaksin.

"Melalui sentra tersebut nanti warga bisa langsung datang, didaftarkan di situ juga dan langsung divaksin saat itu juga sepanjang sesuai persyaratan. Itu upaya kita agar ada percepatan," urainya. (Han)