Pemkot Yogya Intensifkan Vaksinasi Massal

Pemerintahan Kota (Pemkot) Yogyakarta kembali menggelar vaksinasi Covid-19 massal, kali ini sasarannya adalah warga masyarakat Gondokusuman.

Wakil Walikota Yogyakarta yang juga merupakan ketua harian satuan tugas penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi pun meninjau gelaran vaksinasi tersebut.

Ditemui usai meninjau, Wawali membeberkan bahwa Pemkot Yogyakarta akan terus berupaya untuk menggencarkan program vaksinasi, karena hal tersebut juga bagian dari menjawab dinamika kenaikan kasus yang terjadi akhir-akhir ini.

Sampai saat ini sudah sekitar 140.000 warga yang telah divaksin dosis pertama. Sedangkan yang menyelesaikan dosis kedua mencapai 105.000 jiwa.

"Hanya, tidak seluruhnya warga yang divaksin tersebut merupakan penduduk Kota Yogyakarta . Kami masih melakukan klasifikasi penduduk beridentitas Kota Yogyakarta yang sudah maupun belum divaksin," ujarnya di SMPN 1 Yogyakarta, Sabtu (19/6/2021).

Terkait dosis vaksin, hingga akhir bulan ini ditargetkan terdapat 41.000 vaksin AstraZeneca disuntikkan ke masyarakat. Dua puluh ribu vaksin diantaranya sudah berhasil disuntikkan sehingga tinggal menyisakan separuh.

 "Harapan kami mulai bulan Juli mendatang masyarakat umum sudah bisa divaksin. Sehingga pada Agustus semua warga Kota Yogya sudah menjalani vaksinasi," tandasnya.

Sebelumnya Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan Pemkot Yogyakarta merencanakan pembentukan sentra vaksin di berbagai lokasi. Upaya tersebut guna mendukung percepatan vaksinasi yang menyasar masyarakat umum. Ia menyebut sentra vaksin salah satunya akan didirikan di kompleks Balaikota Yogya.

"Beberapa lokasi juga kita siapkan seperti di Lippo Mal serta lokasi lain. Kalau nanti segala sesuatunya sudah siap akan langsung kita sosialisasikan," sebutnya.

Ia menjelaskan, keberadaan sentra vaksin adalah untuk memudahkan sekaligus mempercepat teknis vaksinasi bagi masyarakat. Sehingga warga tidak perlu bingung dalam menghadapi pendataan pra vaksin.

"Melalui sentra itu nanti warga bisa langsung datang, didaftarkan di situ juga dan langsung di vaksin saat itu juga sepanjang sesuai persyaratan. Itu upaya kita agar ada percepatan," urainya.

Dengan adanya sentra vaksin tersebut ditargetkan pada Agustus seluruh warga Kota Yogya berhasil divaksin. Sehingga kekebalan kelompok akan terwujud dan laju pertambahan kasus semakin ditekan. (Han)