TMMD REGULER KE-111 KODIM 0734/ KOTA JOGJA BANGUN TALUD PENYANGGA LONGSOR

TMMD REGULER KE-111 KODIM 0734/ KOTA JOGJA BANGUN TALUD PENYANGGA LONGSOR

 

Yogyakarta - Pondasi batu dinilai paling pas sebagai material utama Pembuatan Talud Saluran Irigasi Tanjung dari aliran Kali Winongo yang melintas di wilayah Kp. Bugisan Kemantren Wirobrajan Kota Yogyakarta, pembangunan Talud tersebut menjadi salah satu sasaran fisik program TMMD Reguler ke-111 Tahun 2021 Kodim 0734/Kota Yogyakarta.

 

Menurut Danramil 10/Wirobrajan Kapten Arh Suryadi, “Kawasan saluran Irigasi Tanjung ini kerap dilanda banjir saat musim penghujan, yang mengakibatkan kelongsoran tanah di samping pemukiman padat penduduk Bugisan khususnya RW. 06, maka dari itu proyek talud pondasi batu ini kami percepat proses pembangunannya,” ujar Kapten Arh Suryadi. Senin (21/6/2021).

 

Dipilih pondasi dari batu sebagai solusi terbaik untuk mencegah dari bahaya longsor mengingat tanah di sekitar pemukiman padat penduduk itu merupakan tanah urugan ( timbunan).

 

"Selain itu ditekankan kepada warga tentang pentingnya membuang sampah di tempatnya, bukan di sungai atau saluran irigasi tersebut, sebab sampah dapat mengakibatkan pendangkalan saluran irigasi." tuturnya.

 

Ibu Sri Mulyati, Ketua RW. 06 Kp. Bugisan, membenarkan jika tebing pinggir Saluran Irigasi Tanjung anak dari Sungai Winongo ini kerap longsor terlebih saat musim penghujan, tebing longsor akibat terkikis aliran irigasi, itu yang membuat warga selalu was was.

 

“Dengan dibangunnya Talud, warga setempat merasa sedikit tenang setidaknya talud tersebut bisa menahan derasnya aliran irigasi dari longsoran saat musim penghujan,” ucap Sri Mulyati.