Peran Provost dalam Mengawal TMMD Reguler ke-111 Kodim 0734/Kota Yogyakarta

Peran Provost dalam Mengawal TMMD Reguler ke-111 Kodim 0734/Kota Yogyakarta
Yogyakarta - Provost selaku penegak disiplin prajurit memegang peranan penting, karena baik buruknya satuan ditentukan oleh kualitas dan disiplin dari prajuritnya. Kepribadian seorang Provost harus dapat diwujudkan sebagai figur tentara yang layak disebut prajurit Sapta Marga.
Pasi Intel Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Mayor Inf Diya mengatakan, pengamanan yang dilakukan Provost selama TMMD Reguler ke-111 yang dipusatkan Kemantren Wirobrajan sangat baik. Dengan adanya Provost seluruh prajurit termotivasi untuk lebih disiplin.
"Jika ada oknum prajurit TNI yang melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dapat ditangani oleh Provost untuk memberikan peringatan. Untuk saksi bagi oknum yang melanggar nantinya akan diserahkan ke satuan masing-masing," jelas Mayor Inf Diya di Poskotis TMMD Reguler ke-111 Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Kamis (24/06/2021).
Tak hanya melakukan pengawasan terhadap prajurit saja. Provost juga berperan penting dalam melakukan pengamanan suatu kegiatan, apalagi jika dihadiri oleh tokoh-tokoh penting. Keamanan dan kelancaran tamu penting jadi prioritas utama bagi seorang Provost.
“Pengamanan yang dilaksanakan harus sesuai dengan prosedur yang berlaku terhadap penegakan hukum. Untuk itu dalam tugasnya baik di kesatuan maupun dilokasi TMMD harus selalu berkoordinasi dengan petugas dan koordinator Acara, sehingga dapat berjalan sesuai dengan rencana,” tambahnya.
Danru Provost Kodim 0734 Yogyakarta Peltu Ratri Purnomo menegaskan regunya selama ini telah melaksanakan tugas sesuai arahan dari pimpinan. Sejauh ini tak ditemukan adanya prajurit yang melakukan pelanggaran saat berada di lokasi TMMD Reguler ke-111.