PEMKOT YOGYA ANTISIPASI PENYEBARAN COVID-19 MELALUI PEKAN VAKSINASI

Mulai pekan ini Pemerintah Kota Yogyakarta akan mengadakan Pekan Vaksinasi Covid-19 Kota Yogyakarta berbasis Kewilayahan, di mana sekaligus dilaksanakan launching Gerakan menuju Jogja Merdeka Vaksin, dengan target yang ingin dicapai tepat pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76, tanggal 17 Agustus 2021 mendatang.

Data dari Dinas Kesehatan, jumlah warga Kota Jogja yang telah mendapatkan vaksin dosis pertama adalah sebanyak 98.129 (sembilan puluh delapan ribu seratus dua puluh sembilan) warga atau sudah mencapai 23,5 % dari jumlah penduduk Kota Jogja yaitu 418.046 (empat ratus delapan belas ribu ...) jiwa. Sementara jumlah warga Kota Yogyakarta yang wajib vaksinasi (berusia 12 tahun ke atas), adalah sebanyak 352.241 penduduk (tiga ratus lima puluh dua ribu...).

Di Kota Jogja sendiri, jumlah kasus aktif Covid-19 per hari Minggu, 25 Juli 2021 adalah sebanyak 3.628 kasus dengan tingkat kesembuhan sebesar 74,7 %.

Ke depannya, kita berharap seluruh warga kota Yogyakarta dapat berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan program ini melalui berbagai bentuk. Kami himbau partisipasi dari segenap masyarakat, Ketua RT, Ketua RW, Ketua Kampung, organisasi kemasyarakatan, organisasi keagamaan serta berbagai komunitas masyarakat. Mulai dari proaktif melakukan pendaftaran vaksinasi, mengajak dan membantu anggota keluarga atau warga lain yang memenuhi syarat, hingga menjadi relawan untuk program vaksinasi.

Dengan keterlibatan semua pihak serta dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada, kita optimis target 70 % warga tervaksin (herd immunity / kekebalan kelompok) dapat dicapai. Sehingga insya Allah pada tanggal 17 Agustus 2021 yang akan datang, kita tidak hanya akan memperingati Kemerdekaan RI yang ke- 76 tetapi juga merayakan Kota Jogja Merdeka Vaksin.

Salah satu usaha terbaik sekaligus bentuk partisipasi yang dapat kita lakukan untuk membendung laju penyebaran virus Covid-19 adalah melalui vaksinasi. Vaksinasi memberikan kemampuan dan perlindungan bagi tubuh kita untuk dapat mengenali dan menghalau virus yang masuk.

Walaupun dalam hal ini, respon tubuh dalam membentuk antibodi terhadap virus berbeda-beda antara manusia satu dengan yang lain, vaksin mampu mengurangi tingkat kefatalan pada orang yang terpapar COVID-19. Selain itu, dengan divaksin, kita tidak hanya melindungi diri sendiri tetapi juga orang-orang tercinta di sekitar kita.

Pemkot Yogyakarta berkomitmen untuk menyelenggarakan vaksinasi setiap harinya, 7 hari seminggu, dari Senin sampai Minggu, dengan target jumlah vaksinasi bervariasi setiap harinya, menyesuaikan dengan kapasitas sumber daya manusia serta sarana prasarana tiap-tiap harinya, didukung oleh berbagai pemangku kepentingan, relawan nakes dan segenap elemen masyarakat.  Pelaksanaan vaksinasi setiap harinya dalam beberapa pekan ke depan diharapkan akan mampu mempercepat cakupan vaksin bagi seluruh warga kota Jogja. (wis)