Pendaftar CPNS Pemkot Yogya Capai 20.994 Pelamar   

Minat masyarakat untuk mendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021 di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta tinggi. Terbukti hingga batas akhir pendaftaran CPNS Pemkot Yogyakarta total ada 20.944 pelamar. Pemkot Yogyakarta hanya membuka 546 formasi CPNS pada tahun ini.

Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Yogyakarta Indah Setiawati menyebut sebanyak 20.944 adalah pelamar yang melakukan submit formulir pendaftaran CPNS Pemkot Yogyakarta. Untuk jumlah pelamar yang sudah mengisi pendaftaran lebih banyak yakni 22.296 pelamar.

“Saat ini sedang dilakukan verifikasi formulir dan dokumen pendaftaran pelamar,” kata Indah, Rabu (28/7/2021).

Dia mengatakan dari hasil verifikasi formulir dan dokumen pendaftaran pelamar diketahui sudah ada sekitar 400 pendaftar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi pendaftaran. Beberapa faktor yang menjadi penyebab di antaranya, ijazah yang diunggah saat pendaftaran tidak asli maupun tidak menyertakan transkrip nilai yang lengkap.

“Penyebab lainnya ada pelamar yang tidak sesuai kualifikasi formasi. Misalnya formasi yang dilamar adalah untuk lulusan D3 tetapi ijazahnya S1,” tambahnya.

Menurutnya formasi CPNS Pemkot Yogyakarta dengan persaingan paling tinggi adalah untuk ahli pertama pamong belajar yang akan ditempatkan di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta. Jumlah formasi yang dibutuhkan 4 orang tapi pendaftar mencapai 4.603 pelamar.

Selain itu formasi ahli pertama auditor yang akan ditempatkan di Inspektorat Pemkot Yogyakarta juga memiliki persaingan cukup ketat. Formasi ahli pertama auditor dibuka 7 orang dengan jumlah pendaftar sebanyak 1.297 orang.

Meskipun jumlah peminat pelamar CPNS Pemkot Yogyakarta cukup tinggi, tapi masih ada 2 formasi yang sepi peminat. Kedua formasi itu yakni pelatih atlet 2 formasi dengan pendaftar 1 pelamar dan Polisi Pamong Praja 38 formasi tapi hanya 26 pelamar yang mendaftar.

Dia menuturkan jumlah pelamar yang mendaftar kurang dari alokasi formasi yang disediakan. Meski demikian para pelamar di kedua formasi tersebut tidak akan langsung dinyatakan lolos seleksi CPNS. “Tetap harus mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB). Nilai tes yang diperoleh juga harus sesuai passing grade yang ditetapkan,” terang Indah.

Pemkot Yogyakarta pada tahun ini juga membuka pendaftaran 116 pegawai pemerintah dengan perjanjian kinerja (PPPK) tenaga kesehatan dan teknis serta 268 formasi PPPK tenaga guru. Jumlah pelamar yang mengajukan pendaftaran untuk formasi PPPK tenaga kesehatan dan teknis mencapai 1.053 orang.

Sesuai tata kala yang ditetapkan hasil seleksi administrasi akan disampaikan pada 2-3 Agustus 2021. Pelamar memiliki kesempatan untuk menyampaikan sanggahan atas hasil seleksi itu pada 4-6 Agustus dan akan dilakukan pengumuman pasca sanggah pada 15 Agustus. Tahapan seleksi CPNS dan PPPK selanjutnya adalah tes SKD dan SKB yang pelaksanaannya akan disesuaikan kebijakan pemerintah terkait pandemi Covid-19.(Tri)