SOSIALISASI PANCA TERTIB DI KELURAHAN MANTRIJERON

Kelurahan Mantrijeron, Yogya - Sabtu (14/8/2021) Kegiatan Sosialisasi Panca Tertib di Kelurahan Mantrijeron telah dilaksanakan pada hari Jumat 13 Agustus 2021 kemarin dan acara ini dibuka oleh Lurah Mantrijeron Suranto Waluyo, S.IP. M.Si. Dalam kesempatan itu disampaikan Lurah Mantrijeron bahwa Kegiatan Panca Tertib di wilayahnya sudah dilaksanakan di tingkat kampung. Gerakan Kampung Panca Tertib di Kelurahan Mantrijeron dinilai mampu memberikan dampak pada meningkatnya kesadaran masyarakat untuk tertib mematuhi regulasi khususnya peraturan daerah yang berlaku di Kota Yogyakarta.

Adapun sebagai narasumber dari kegiatan sosialisasi ini adalah Ade Permata Sari dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemda DIY dan Suwarna S.I.P., M.Si. dari Satpol PP Kota Yogyakarta. 

Dalam penyampaian materi, Suwarna, SIP.,MSI menjelaskan inovasi "Rampung Panertib" yaitu Gerakan Kampung Panca Tertib yang dikembangkan Satpol PP Kota Yogyakarta. Inovasi Kampung Panca Tertib Kota Yogyakarta dinyatakan masuk 45 Inovasi Terpuji di ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2021 dari Kementerian PAN dan RB. Torehan prestasi tersebut merupakan prestasi tertinggi yang pernah diraih Pemerintah Kota Yogyakarat selama mengikuti kompetisi tersebut selama ini.

Sedangkan narsum dari Satpol PP Pemda DIY menyampaikan materi bahwa dalam kegiatan Panca Tertib ada Jaga Warga di mana tugas pokok dan fungsi dari Jaga Warga merupakan internalisasi dari Panca Tertib, sehingga adanya sinergitas kelembagaan yang saling mendukung.