Gelar Pelatihan dan Kompetensi Digital Talent Scholarship di Yogya

Program Digital Talent Scholarship (DTS) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI berupa Vocational School Graduate Academy mulai dilaksanakan di Yogyakarta. Program itu berupa pelatihan dan uji kompetensi kerja bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bagi lulusan SMK/sederajat dan Diploma III.

Kegiatan DTS itu diadakan oleh Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Komunikasi dan Informatika Yogyakarta. Kegiatan dibuka oleh Walikota Yogyakarta yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta Trihastono.

“Kami atas nama walikota membuka pelatihan dan sertifikasi bidang teknologi informasi dan komunikasi. Ini menjadi modal untuk pengembangan karir di masa yang akan datang,” kata Trihastono saat membuka pelatihan dan uji kompetensi bidang TIK di Hotel Grand Aston, Yogyakarta, Senin (27/9/2021).

Menurutnya saat ini dunia kerja menuntut spesifikasi dan kualitas unik atau khusus masing- masing. Hal itu menjadi tanggung jawab setiap para calon tenaga kerja untuk memiliki kompetensi lebih. Melalui kegiatan itu peserta akan mendapat materi dan pengakuan memiliki kompetensi di bidang TIK yang dibuktikan dalam bentuk sertifikat kompetensi.
“Yogya diakui sebagai daerah yang memiliki keunggulan di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Pemkot Yogyakarta juga telah menyediakan pelayanan digital dalam aplikasi Jogja Smart Service (JSS). Ini menyederhanakan pelayanan publik Pemkot dengan dalam satu perangkat. Sudah ada sekitar 170 layanan warga di JSS,” terangnya.
Pihaknya berharap peserta pelatihan ini dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.. Selain itu diharapkan para peserta mampu berkontribusi positif dalam upaya peningkatan pengetahuan dan kompetensi sumber daya manusia pada bidang TIK di Kota Yogyakarta.

Sementara itu Kepala BPSDMP Kominfo Yogyakarta Zulkurnain menyebut program dalam program Digital Talent Scholarship tahun 2021 membuka 8 academy. Salah satunya Vocational School Graduate Academy berupa pelatihan dan uji kompetensi kerja berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang TIK di Yogyakarta yang diadakan 27 September-1 Oktober 2021.

“Tujuan diselenggarakan kegiatan untuk meningkatkan keahlian pada talenta digital Indonesia untuk meminimalisir perbedaan keahlian antara kebutuhan standar industri dengan kualitas SDM digital yang ada,” papar Zulkurnain.

Program Vocational School Graduate Academy yang diampu BPSDM Kominfo Yogyakarta diikuti 107 peserta dari DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat. Skema yang dibuka untuk pelatihan di Yogyakarta adalah Junior Web Developer, Junior Model Programmer dan Junior Graphic Designer(Tri)