MPP Mergangsan, Kukuhkan Pengurus Karang Taruna Kelurahan Keparakan

Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat,  khususnya generasi muda di Wilayah Desa/Kelurahan. Selain itu, karang taruna sebagai tenaga penggerak pembangunan kesejahteraan sosial memiliki peranan yang cukup besar dalam pembangunan masyarakat kelurahan.

Guna meningkatkan potensi dan peran aktifnya, diperlukan upaya koordinasi, kolaborasi, komunikasi dan kerjasama semua pihak. Regenerasi karang taruna, dengan kepengurusan yang baru, sebagai salah satu upaya meningkatkan potensi dan peran aktifnya. Hal ini terjadi pada Karang Taruna di Kelurahan Keparakan, Kemantren Mergangsan, Kota Yogyakarta.

Bertempat di pendopo Bima Jaya Kelurahan Keparakan, dilaksanakan pengukuhan pengurus baru karang taruna pada Minggu (19/12/2021). Pengukuhan dilakukan oleh Pargiyat, dalam kapasitas sebagai Mantri Pamong Praja (MPP) Kemantren Mergangsan.

Pargiyat SIP, dalam sambutannya berharap agar Karang Taruna Keparakan bisa segera berkiprah dan ikut mensukseskan program pemerintah, antara lain vaksinasi covid-19 yang saat ini diprioritaskan bagi anak usia 6 sampai 12 tahun. Selain itu, dapat meningkatkan potensinya dan bersama-sama pihak lain berkolaborasi dan bersinergi dalam membantu pembangunan wilayah.

Hadir dalam kesempatan pengukuhan tersebut, Lurah Keparakan Rina Budi Prastiwi, Kajawat Sosial, Ketua LPMK, Jangkung Yuwono, Ketua Kampung se-Keparakan dan undangan lainnya.

Sementara itu, Harris Syarif Usman, selaku Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) menyampaikan Karang Taruna, bukan organisasi politik, tetapi organisasi sosial kepemudaan non partisan yang berkedudukan di desa atau kelurahan. Karang taruna yang bergerak di bidang kesejahteraan sosial terutama pembinaan dan pemberdayaan pemuda di bidang ekonomi, sosial dan pengkaderan, berpedoman pada Permensos terkait pedoman dasar Karang Taruna.

"Pengurus harus solid, asah, asih asuh, berkomitmen dan amanah. Selain itu diharapkan segera melakukan konsolidasi dan Rapat Kerja", ujar Haris di pendopo  Manunggal, Kemantren Mergangsan, Minggu (19/04/2021)

Selain itu, M. Farhan selaku Ketua Karang Taruna, mengatakan akan segera berkiprah membantu pemerintah dalam kegiatan yang berkaitan dengan kepemudaan baik sosial, ekonomi, lingkungan, olah raga dan budaya. (KangRozaq)