Evakuasi Penemuan Ular Sanca di Gondolayu

Kel.Cokro, Gondolayu - Rabu, 6 April 2022 di wilayah Kampung Cokrokusuman Kelurahan Cokrodiningratan Kemantren Jetis ditemukan ular jenis Sanca / Python. 

Menurut keterangan saksi bahwa ular tersebut sudah sering melintaa di daerah sungai Code pada 1 minggu terakhir, dan pada pukul kurang lebih 10.20 menit ular tersebut naik di sekitar pemukiman warga yang terletak di bawah jembatan gondolayu, karena ular tersebut sangat besar kurang lebih panjang 4 - 4,5 m ia lari memanggi tetangga di sekitar, tak berselang lama ia dan 7 orang tetangga sampai di lokasi dan menemukan ular suda mulai masuk ke gorong-gorong tak jauh dari penemuan pertama dengan menyisahkan ekor, dengan usaha dan alat seadanya ular ditarik tetapi tetap tidak bisa. 

Setelah itu menghubungi berbagai pihak seperti Babinkamtibmas Cokrodiningratan dan Babinsa Cokrodiningratan tak berselamg lama datang ke lokasi dan menyarankan untuk meghubungi Dinas Pemadam Kota. Dengan sigap segera datang dan berbagai unsur seperti BKO Kemantren Jetis, Polda DIY, Tim Rescue dan Pecinta Satwa turut membantu evakuasi ular sanca tersebut, sekitar 4 jam usaha yang dilakukkan dengan alat-alat lengkap tetapi tetap tidak bisa terevakuasi. 

Dengan Koordinasi berbagai pihak dan berbagai pertimbangan Tim SAR Kota Yogyakarta menyatakan untuk melepaskan ular sanca tersebut. 

Menurut Babinkamtibmas Cokrodiningratan, Bripka Fajar Yuli Wibowo, SH menghimbau kepada masayarakat di wilayah Gondolayu Kampung Cokrokusuman khusunya bahwa "selalu waspada akan adaya ular sanca tersebut, ditakutkan akan melewati Gorong-gorong dan berada di permukiman warga".