Safari Jurnalistik Dan Literasi Di Kemantren Pakualaman

Dalam upaya mendorong para pemuda baik dari Karang Taruna, PIK R dan karyawan karyawati Kemantren pakualaman untuk menulis di website, maupun media massa, Kemantren Pakualaman bekerjasama dengan bernasnews.com menyelenggarakan Safari Jurnalistik Dan Literasi pada hari Selasa, 26 April 2022 di Pendopo Kemantren Pakualaman Kota Yogyakarta.

Dalam sambutannya bapak Mantri Pamong Praja menyampaikan bahwa sebagian orang salah satu kendala dalam menulis ialah sulit menuangkan isi pikiran dalam tulisan. Bahkan tak jarang ketika seseorang pandai dalam bucara, namun sulit ketika diminta mengungkapkan dalam tulisan.. Karenanya, Cahya merasa seseorang perlu bekal dalam kepenulisan. Tentu saja jejak tulisan juga menjadi salah satu media perantara yang baik.“Menulis itu gampang kita sering kali gampang bicara tapi. Kita akan diberi wawasan baru diveri keterampilan yang baru wawasan untuk bisa menuangkan dalam tulisan,”

Pemimpin Redaksi bernasnews.com, YB Margantoro sebagai nara sumber pada safari jurnalistik  dan literasi  ini mengatakan bahwa ada banyak hal yang perlu dipersiapkan saat menulis. Salah satu halnya terkait dengan literasi membaca untuk pengayaan perspektif dan praktik menulis yang bisa dimulai dari kisah yang dekat dengan diri.

“Tips membaca ada 7. Pertama memikiki catatan harian, membebaskan diri, mengekspresikan diri, menemukan diri, kecintaan mengikat ilmu, membaca buku sebanyak-banyaknya, aktivitas intelektual praktis,” Harapannya kita menjadikan Pakualaman sebagai kampung literasi