PASCA LIBUR PANJANG LEBARAN, POKJA I PKK KELURAHAN NGUPASAN PRESENTASIKAN LOMBA PAAR EDI

Setelah beberapa waktu lalu (sebelum libur panjang lebaran), pengurus TP. PKK beserta karyawan Kelurahan Ngupasan menyusun dan menyiapkan bahan, akhirnya pada hari ini Senin (09/05/2022) akhirnya dapat mempresentasikan profil PAAR EDI dihadapan tim dewan juri dari TP. PKK Kota Yogyakarta. Pada awal acara, Mantri Pamong Praja Kemantren Gondomanan Subarjilan, SIP.,M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa, "Apa yang disajikan dalam presentasi lomba PAAR EDI" oleh tim Pokja I PKK  ini adalah kegiatan riil yang pernah dilakukan selama ini. Semoga lomba ini menjadi pemicu awal bagi TP. PKK Kelurahan Ngupasan untuk lebih semangat berkegiatan kembali seiring dengan membaiknya situasi kondisi pasca pandemi Covid-19.

Dalam kesempatan presentasinya, Ibu Mariyatun selaku Ketua Pokja I PKK Kelurahan Ngupasan menyampaikan paparan "Profil Lomba PAAR EDI", yakni terkait dengan permasalahan penanganan pola asuh anak dan remaja dimasa pandemi Covid-19, dimana dampak yang muncul di masyarakat antara lain ; pengaruh/efek negatif dari penggunaan gawai (perangkat komunikasi) dan akses internet yang kadang kurang terkontrol/diawasi oleh orang tua, maraknya game online dan terbatasnya kemampuan orang tua dalam mengkases teknologi informasi dan internet, sehingga tidak dapat mendampingi anak saat belajar secara daring. Untuk mencegah dan mengatasi hal tersebut, maka tim pokja I PKK dan Mitra Keluarga Kelurahan Ngupasan, melaksanakan kegiatan positif dan bermanfaat seperti TPA ( Taman Pendidikan Al'Quran), pendampingan JBM serta kegiatan seni budaya bersama komunitas "PARADE SENJA" di wilayah Kelurahan Ngupasan. Hal tersebut penting dilakukan dalam upaya untuk membekali dan meningkatkan kualitas anak dan remaja menjadi pribadi yang berkarakter dan berbudi luhur.

Pada kesempatan penilaian, tim dewan juri dari TP. PKK Kota Yogyakarta menyampaikan beberapa koreksi terkait materi presentasi profil PAAR EDI Kelurahan Ngupasan antara lain ; penjabaran metode analisis SWOT, pentingnya bukti fisik lampiran dan pencermatan sistematika penulisan yang baik dan benar. Maka TP. PKK Kelurahan Ngupasan siap akan memperbaiki/merivisi materi profil lomba PAAR EDI dalam waktu dekat. Acara presentasi "Lomba Profil PAAR EDI" Kelurahan Ngupasan ini ditutup dengan penyampaian apresiasi oleh dewan juri dari TP. PKK Yogyakarta atas adanya "inovasi program PAAR EDI" yang telah dilakukan Pokja I PKK Kelurahan Ngupasan selama ini dan semoga menjadi contoh bagi TP. PKK di Kelurahan lainnya. Acara presentasi lomba PAAR EDI ini ditutup dengan foto bersama antara TP PKK Yogyakarta, Forkompimca dan TP PKK Kelurahan Ngupasan.