Rapat Koordinasi FKPT Kelurahan Wirobrajan

Rabu, 18 Mei 2022

Kegiatan Rapat Koordinasi FKPT Kelurahan Wirobrajan dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kelurahan Wirobrajan dan dibuka oleh Lurah Wirobrajan Sri Suwardani, S.Sos.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Kelurahan Wirobrajan Bambang Sudaryanto, A.MD. KEP. bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua LPMK Juharnomo, ST., BKO Kemantren Wirobrajan serta 7 orang perwakilan dari FKPT Ketanggungan dan FKPT Wirobrajan

Lurah Wirobrajan menjelaskan Forum Kampung Panca Tertib merupakan media pertemuan tokoh masyarakat di lingkungan kampung yang terdiri dari pengurus RT, RW, PKK, Karang Taruna, Pelopor Ketertiban, Perlindungan Masyarakat (Linmas) dan unsur lainnya, yang berfungsi sebagai sarana bermusyawarah, penyebaran informasi dan penanaman nilai-nilai keteraturan sehingga terwujud Panca Tertib.Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Ketertiban mulai menyosialisasikan Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 22 Tahun 2015 tentang Gerakan Kampung Panca Tertib Kota Yogyakarta. sekaligus mendorong masyarakat untuk membentuk Forum Kampung Panca Tertib didukung Pelopor Ketertiban dan Duta Ketertiban untuk mewujudkan komitmen Panca Tertib tersebut. Panca Tertib yang dimaksud adalah kondisi ketertiban meliputi Tertib Daerah Milik Jalan (Damija), Tertib Bangunan, Tertib Usaha, Tertib Lingkungan, dan Tertib Sosial.Tertib Daerah Milik Jalan adalah pemanfaatan daerah milik jalan sesuai dengan fungsinya dan atau telah mendapatkan izin, sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.Tertib Usaha adalah semua kegiatan usaha telah memiliki izin dan memenuhi kewajiban usaha serta tidak menjual/menyediakan barang dan/atau jasa yang dilarang, sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Hasil dari Rapat Koordinasi tersebut adalah :

  1. Untuk FKPT Ketanggungan akan dibranding, dalam artian fokus dalam 1 komitmen dan dimaksimalkan. Brandingnya adalah anti vandalisme (Kampung bebas vandalisme) 
  • FKPT Ketanggungan menentukan dimana titiktitik vandalismenya, termasuk titik tongkrongan selanjutnya penyusunan anggaran berupa visualisasi (banner).
  • Koordinasi dengan BKO, Babinsa, Babinkamtibmas, kelurahan dan kemantren untuk pencegahan tindak kriminal.
  1. Untuk FKPT Wirobrajan akan dibranding terkait dengan kebersihan lingkungan (pembakaran sampah), bisa ditentukan dulu titik-titik potensinya.

Edukasi bisa melalui forum dan pemasangan banner di titik-titik potensial.