Penyerahan Bantuan Peningkatan Fasilitas Kesehatan di SD Baciro

PMI Kota Yogyakarta bekerja sama dengan PT Indomarco Prismatama menyerahkan Bantuan Donasi Pelanggan Indomaret dan Program Sahabat WASH (Sekolah Sehat, Aman, dan Hebat)  di  SD Negeri Baciro, Rabu (29/6). Diharapkan dengan bantuan tersebut dapat membentuk pola hidup bersih masyarakat dan sekolah dengan ditunjang ketersediaan air bersih dan sanitasi. 

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Yogya, Yunianto Dwisutono menyatakan bahwa penyerahan program kepedulian sosial ini merupakan salah satu forum yang penting bagi Kota Yogyakarta. Melalui jalinan hubungan antara PMI dengan PT Indomarco Prismatama, diharapkan dapat beradaptasi dengan berbagai skema kerja sama baru sehingga program-programnya dapat sesuai dengan apa yang masyarakat butuhkan saat ini.  "Kepedulian dunia usaha terhadap pendidikan di Kota Yogya merupakan salah satu wujud Gandeng Gendong yang mana kolaborasi antara Kampus, Korporate, Kampung, Komunitas dan Kota dalam mewujudkan peningkatan kesejahteraan warga Kota Yogya," katanya.

Branch Manager PT Indomarco Prismatama Yogyakarta, Suharsa menambahkan dari penggalangan dana yang sudah terkumpul kurang lebih sebesar Rp 5 Miliar diwujudkan dalam Program Sahabat WASH untuk 10 sekolah di 6 provinsi senilai Rp 165 juta per sekolah. Selain itu juga ada bantuan 5 unit truk tangki air untuk membantu distribusi air bersih. Diharapkan, bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi sekolah dan juga masyarakat pada umumnya.

Ketua PMI Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menjelaskan bahwa alasan dipilihnya SD Negeri Baciro sebagai penerima bantuan ini karena banyaknya bakteri E. Coli pada kandungan air di sekolah sehingga perlu untuk meningkatkan sanitasi hygiene. “Kami memandang SD Negeri Baciro ini perlu mendapatkan bantuan terutama untuk peningkatan fasilitas kesehatan dan kebersihan. Dalam penelitian ditemukan bahwa kandungan air yang terdapat di SD Negeri Baciro mengandung bakteri E. Coli yang tinggi di Kota Yogyakarta. Oleh karena itu,  kami memilih SD Negeri Baciro untuk menerima bantuan ini. Tujuannya adalah menyiapkan agar sekolah ini nantinya mempunyai kemampuan untuk merespon  terhadap bagaimana kondisi kesehatan air  yang memang kurang bagus ini,” jelas Heroe.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Branch Manager PT Indomarco Prismatama  Yogyakarta dan Ketua PMI Kota Yogyakarta disaksikan oleh Ketua PMI DIY dengan penandatanganan prasasti Program Sekolah Sehat (WASH) dilanjutkan dengan penyerahan bantuan donasi pelanggan Indomaret. Siswa-siswi SD Negeri Baciro juga ikut memeriahkan kegiatan ini dengan berbagai penampilan yang menarik seperti pembacaan surat pendek, Tari Angsa, Tari Kineta, geguritan, bercerita dan sepak takraw. (Tya)