Paksi Katon Siap Bermintra Menjaga Keutuhan NKRI

Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat  (FKPM)  Paksi Katon terus berupaya untuk meningkatkan kemitraanya baik dengan pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta, pihak Kepolisian, serta dengan masyarakat.

"Di usianya yang ke 17 tahun ini Paksi Katon akan terus memperkuat kemitraanya dengan Pemerintah maupun masyarakat dalam ikut menjaga tegaknya NKRI," ujar Ketua Umum FKPM Paksi Katon DIY, Muhammad Suhud di Ndalem Ngabean, Kamis (30/6/2022).

Suhud menjelaskan FKPM Paksi Katon merupakan organisasi kemasyarakatan yang sifatnya independen.

Kiprah positif yang sudah dilakukan di tengah masyarakat menjadikan banyak warga yang tertarik dan bergabung dengan FKPM Paksi Katon.

Suhud membeberkan sampai saat ini anggota Paksi Katon mencapai ribuan orang, agar fisik mereka terlatih, mereka rutin dilatih bela diri dan pembinaan mental.

“Anggota FKPM Paksi Katon terus digembleng dengan karakter yang berbudaya, sehingga kami selalu siap menjalankan tugas kemitraan bersama Pemerintah, TNI, Polri dan masyarakat. Kita ormas independen dan tidak berada di bawah siapa-siapa,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, Paksi Katon juga akan selalu memberikan dukungan penuh secara sosiologis atas permintaan kapolri untuk menumpas musuh negara yang terbukti dan menyatakan akan mengganti dasar Negara  oleh kelompok manapun.

“Melihat situasi negara yang seperti ini kami tidak tinggal diam dan kami mendukung penuh kebijaksanaan Kepolisian dan Pemerintah yang mengambil tindakan tegas kepada siapapun yang merongrong apalagi akan memecah belah NKRI, kami siap menjadi tameng,” tegasnya

Mewakili Penjabat Walikota, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Yogya, Budi Santosa menyampaikan ucapan terima kasih atas pengabdian Paksi Katon yang telah membantu aparat dalam melayani dan mengayomi masyarakat.

“Tetap pertahankan budaya serta kearifan lokal Yogyakarta, hindari terjadinya perselisihan dengan ormas lain. Koordinasi dengan aparat setempat dan selalu patuh hukum yang berlaku”, pesannya.

Budi menambahkan, meski di Pemkot Yogya sudah ada aparatur keamanan tetapi bantuan dari berbagai elemen diperlukan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Keamanan masyarakat tercipta karena masyarakat itu sendiri. Mustahil tercipta tanpa bermitra. Dengan hadirnya FKPM Paksi Katon ini dapat ikut menjaga stabilitas dan keharmonisan masyarakat Kota Yogya” katanya. (Han)