ULD Selenggarakan Workshop Pendidikan Inklusi di SMP N 9 Yogyakarta

Yogyakarta - UPT Layanan Disabilitas (ULD) Bidang Pendidikan dan Resource Center Kota Yogyakarta menyelenggarakan workshop Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi (SPPI) di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Acara ini merupakan salah satu kegiatan rutin ULD ke sekolah-sekolah yang ada di Kota Yogyakarta.

“Kegiatan ini untuk menyosialisasikan pengembangan dan adaptasi kurikulum untuk pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di sekolah,” ucap Kepala ULD Drs. Aris Widodo, M.Pd., Rabu, 29 Juni 2022. Kegiatan Workshop SPPI ini merupakan bentuk pengaplikasian kerja ULD dalam melaksanakan pendidikan berkualitas dan inklusif untuk semua.

Workshop SPPI di SMP Negeri 9 Yogyakarta ini dilaksanakan mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Kegiatan dibagi dalam tiga sesi yakni pertama sambutan dan arahan dari Kepala ULD Drs. Aris Widodo, M.Pd., yang kemudian dilanjutkan oleh pegiat outbond dan master games, Andar Aprilianto dengan agenda mini games hingga pukul 11.30 WIB. Kemudia, workshop dilanjutkan dengan materi pendidikan dan kurikulum ABK oleh Dosen Pendidikan Luar Biasa Universitas Neger Yogyakarta (UNY) Sukinah, S.Pd., M.Pd pada pukul 13.00 WIB hingga selesai.

Aris mengatakan sosialisasi pengembangan kurikulum ramah ABK sangat penting di sekolah-sekolah penyelenggara pendidikan inklusi. Sebab, kata Aris,  tujuannya adalah agar kurikulum ini khususnya di SMP dapat diadaptasi dalam pembelajaran untuk ABK. “Bukan hanya ABK saja, anak-anak lain di luar berkebutuhan khusus juga bisa belajar dengan kurikulum itu juga,” tutur Aris.

Aris menuturkan di setiap sekolah workshop SPPI ini memiliki tema yang berbeda-beda tergantung permintaan dari sekolah bersangkutan. Misalnya saja, kata Aris, seperti tema penyusunan kelompok kerja, juga dapat disesuaikan dalam kegiatan ini. Selain itu, agenda SPPI ini dapat mempererat interaksi antara sekolah, guru, dan ULD untuk menjalankan pendidikan inklusi yang berkualitas. “Workshop SPPI ini adalah salah satu cara kami berkomunikasi ke sekolah-sekolah,” ucap Aris.

Pada tahun ini, ULD telah menyelenggarakan tiga kali workshop SPPI ke empat sekolah yang ada di Kota Yogyakarta. Sekolah-sekolah tersebut yakni SDN Karangrejo dan SDN Bener yang dilaksanakan bersamaan serta SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta, serta di SMP Negeri 9 ini. Aris mengatakan workshop SPPI ini selanjutnya akan digelar di SD Kotagede 3 pada pekan depan. “Workshop SPPI ini juga akan semakin kami perbanyak,” tutur Aris.

Syafiul Hadi