Diskusi Internal Isu-Isu Kontemporer dan Politik Populer (DISKOPOL)

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta melaksanakan Kegiatan Diskusi Internal pada Jum'at, 1 Juli 2021 di Pendopo Bakesbangpol Kota Yogyakarta. Diskusi yang membahas tentang Isu-Isu Kontemporer dan Politik Populer dihadiri oleh seluruh pegawai bakesbangpol Kota Yogyakarta.

Penting bagi setiap pegawai apalagi ASN yg bekerja di Bakesbangpol mengenal dan memahami secara kritis terkait isu-isu kritikal yang terjadi atau yang berpotensi terjadi. Penguatan literasi untuk  meningkatkan kemampuan berpikir kritis, agar mampu mengidentifikasi dan menganalisis isu-isu politik dan kontemporer sangat penting bagi pegawai karena akan berdampak terhadap kinerja birokrasi secara umum dan  berdampak secara khusus pada pelaksanaan tugas jabatan ASN selalu pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, dan pemersatu bangsa. 

Kemampuan menganalisis isu-isu kontemporer dan politik sangat berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta. 
Terkait urusan politik dalam negeri, tahun 2022 merupakan awal tahun politik yaitu dengan telah disepakatinya waktu penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah secara serentak di tahun 2024. Oleh karena itu penguatan kemampuan analisis isu-isu kontemporer dan politik pada sumber daya manusia di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta menjadi sangat penting.