RESTORASI SOSIAL : PENGUATAN NILAI-NILAI KESETIAKAWANAN SOSIAL

Suryodiningratan, Kota Jogja - Kegiatan  bertajuk "Restorasi Sosial" yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Propin DIY pada hari Kamis, 11 Agustus 2022 ditujukan untuk penguatan nilai-nilai kesetiakawanan sosial berbasis Budaya Jawa mewujudkan Kesejahteraan Sosial. 

Kegiatan ini dihadiri oleh R.M. Sinarbiyat Nujanat, S.E selaku anggota DPRD Propinsi DIY, Prof. Dr. Suwarno Dwijo Nagara, M.Pd Guru Besar dari Universitas Negeri Yogyakarta, Pejabat dari Dinas Propinsi DIY, Kapolsek, Koramil Mantrijeron, Pejabat dari Kemantren Mantrijeron dan Kelurahan Suryodiningratan serta tokoh masyarakat dari Kelurahan Suryodiningratan.

Dalam sambutannya, Sinarbiyat menjelaskan akan arti pentingnya nilai- nilai budaya luhur dan jati diri/ kepribadian bangsa yang akan tergerus oleh budaya luar sehingga budaya jawa mengalami degradasi. Beliau juga menyampaikan pesan bahwa dari generasi anak-anak muda sekarang harus dibekali pengetahuan dan pemahaman tentang budaya jawa dalam penerapan kehidupan sehari-hari baik dalam keluarga maupun masyarakat.

Menurut Prof. Suwarno narasumber dari UNY, bahwa Restorasi Sosial merupakan upaya bersama yang diarahkan untuk mengembalikan atau memulihkan kondisi sosial masyarakat yang mengalami degradasi nilai- nilai luhur jati diri/ kepribadian bangsa sehingga dapat mencapai kondisi ideal. Budaya Jawa yang mulai hilang terus kita tumbuhkan agar semakin dikenal oleh anak- anak remaja sehingga dapat dipahami dan dilestarikan. 

"Untuk menjadi wong Ngayogyakarta yaitu harus bisa menerapkan RAJIN (ngapuRAncang, Jempol, ImmaN). Artinya kalau berdiri menghadap orang yang lebih tua, tangan ngapuRAncang. Kalau menunjukkan sesuatu dengan Jempol. ImmanN (Inggih, Mangga, Matur Nuwun, Nuwun sewu)" ujar Prof Suwarno.

Sebagai pengisi hiburan dalam kegiatan ini dimeriahkan dengan pertunjukkan pentas seni Campursari dari Wonosari Gunungkidul dengan menampilkan lagu-lagu jawa khas campursari.