Pramuka Hebat, Lestarikan Budaya dan Tak Lupa Sejarah

Yogyakarta – Memperingati Hari Pramuka yang ke-61, Satuan Karya (Saka) Widya Budaya Bakti Kwartir Cabang Kota Yogyakarta gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kesakaan dalam rangka menumbuhkan kecintaan terhadap budaya dan sejarah bagi pramuka penegak dan pandega Kota Yogyakarta.

Kepala Museum Benteng Vredeburg Kota Yogyakarta Drs. Suharja menyampaikan, “Pramuka itu harus memiliki jiwa dan semangat untuk mencintai dan melastarikan budaya, dan jangan sekali-kali melupakan sejarah. Banyak sekali bangunan atau monumen sejarah dan budaya di Kota Yogyakarta, contohnya adalah Benteng Vredeburg yang memiliki banyak nilai sejarah dan budaya”, ungkap beliau dalam Sambutan Apel Pembukaan Bimtek Kesakaan, Minggu (14/8).

Bimtek yang dilaksanakan di Benteng Vredeburg dan diikuti oleh 40 anggota Saka Widya Budaya Bakti binaan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta ini menampilkan beberapa kegiatan yaitu Penyampaian Materi, Jelajah Museum dan games. Materi yang diberikan diantaranya Pengenalan Cagar Budaya Museum, Museum Sebagai Suara Generasi Muda, dan Penempuan Tanda Kecakapan Khusus Saka.

Kegiatan tersebut dimulai pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB dan di bawah bimbingan Kak Cahyana, Kak Karsono, Kak Hendra, Kak Dony, dan Kak Bambang dari Dindikpora Kota Yogyakarta. Kegiatan berjalan lancar dan sukses, peserta pun merasa senang karena dapat menambah wawasan tentang budaya dan sejarah sehingga menumbuhkan kecintaan terhadap sejarah dan budaya Indonesia, khususnya di Yogyakarta. (Karsono)