Kuatkan Mental Kontingen, KONI Yogya Optimistis Juara Umum

PRAMBANAN (KONI YOGYA) -

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Yogyakarta semakin optimistis menghadapi ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI DIY 2022 yang berlangsung 1-9 September mendatang. Dua pekan jelang pelaksanaan, seluruh atlet, pelatih, ofisial dan pengurus menyatukan tekad untuk berjuang maksimal demi mengejar target gelar juara umum.

Tekad tersebut diungkapkan seluruh atlet, pelatih, ofisial dan pengurus KONI Kota Yogyakarta dalam agenda ‘Pembinaan Mental Atlet Porda Kota Yogya’ yang digelar di Candi Banyunibo, Sleman, Minggu (14/8). Dalam kegiatan yang diikuti seluruh anggota kontingen Kota Yogyakarta tersebut, 736 atlet dan 138 pelatih menyatukan tekad untuk meraih hasil terbaik dan menjadi juara umum.

Ketua Umum (Ketum) KONI Kota Yogyakarta, Aji Karnanto SE MM dalam kesempatan tersebut mengatakan, dua pekan jelang Porda digelar, seluruh atlet dan pelatih Kota Yogyakarta telah siap bertanding untuk memberikan yang terbaik bagi daerahnya. Setelah menjalani persiapan panjang Puslatkot di tahun 2021 dan Pelatcab di tahun 2022, semua sudah siap untuk berkompetisi.

“Dengan persiapan yang telah dijalani, mari kita satukan semangat untuk bisa meraih hasil lebih baik dibandingkan Porda sebelumnya. Mari jadikan kegagalan Porda sebelumnya menjadi penyemangat untuk meraih hasil lebih baik di Porda kali ini. Dan merebut juara umum bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan,” tegasnya.

Lebih lanjut Aji mengatakan, setelah berlatih maksimal dalam program Puslatkot dan Pelatcab, jelang pertandingan dan perlombaan Porda dimulai, kekuatan mental sangat penting untuk membulatkan tekad demi meraih hasil terbaik. “Untuk itulah, kami menghadirkan motivator di acara ini untuk menyatukan tekad, kuatkan mental demi menjadi juara umum di Porda kali ini,” tegasnya.

Senada dengan Aji, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Yogyakarta, Budi Santosa Asrori SE MSi selaku perwakilan Pemerintah Kota Yogyakarta berharap di Porda DIY kali ini gelar juara umum bisa diraih kontingen Kota Yogyakarta. “Harapan kami sangat besar agar semua anggota kontingen siap untuk berprestasi dan juara umum Insyaallah akan kita pegang,” tegasnya.

Guna meraih gelar tersebut, Budi Santosa meminta kepada semua anggota kontingen untuk bekerja keras saat pertandingan atau perlombaan di Porda mendatang. “Disamping bekerja keras, kekuatan doa juga jangan ditinggalkan, jadi kita semua harus tetap berdoa dan berusaha untuk mewujudkan prestasi terbaik tersebut,” ujarnya.

Sebagai perwakilan pemerintah, Budi Santosa menegaskan kesiapan Pemkot Yogyakarta untuk terus selalu mendukung perjuangan semua atlet, pelatih dan ofisial Kota Yogyakarta menghadapi ajang Porda mendatang. “Kami, Pemkot Yogyakarta siap mendukung perjuangan atlet-atlet di Porda DIY mendatang secara optimal,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Bintal Atlet Porda Kota Yogya, Rino Pattiasina SH dalam kesempatan tersebut mengatakan, 736 atlet dan 138 pelatih yang hadir di kegiatan ini berasal dari 44 cabor yang akan diikuti Kota Yogya pada Porda mendatang. “Jumlah tersebut nantinya akan turun di 411 nomor pertandingan atau perlombaan,” paparnya.(BMH)