Rapat Koordinasi Akreditasi Rintisan Kelurahan Budaya

Kadipaten- Kelurahan Kadipaten beberapa waktu lalu mengadakan pertemuan dengan tokoh masyarakat bertempat di Aula Kelurahan Kadipaten. Pertemuan mulai dilaksanakan pukul 20.00 WIB. Tokoh masyarakat yang hadir dari unsur LPMK, Pokdarwis dan Karang Taruna Kadipaten, sedangkan dari kelurahan hadir Lurah dan Sekretaris. 

 

Agenda pertemuan membahas edaran dari Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta Nomor 430/1217 tanggal Rabu, 6 Juli 2022perihal Pemberitahuan Akreditasi Rintisan Kelurahan Budaya Tahun 2022 yang mendasar pada Peraturan Walikota Nomor Nomor 142 Tahun 2020 tentang Rintisan Kelurahan Budaya.

 

Kelurahan Kadipaten termasuk salah satu dari beberapa kelurahan tujuan  edaran akreditasi rintisan kelurahan budaya sesuai daftar tujuan instansi penerima. Kelurahan tujuan penerima edaran yaitu : Kelurahan Notoprajan, Kadipaten, Mantrijeron, Demangan, Klitren, Gowongan, Tahunan, Karangwaru, Wirogunan, Suryodiningratan, Bener, Panembahan, Tegalrejo, Mujamuju, Sosromenduran, Suryatmajan, Ngupasan, Cokrodiningratan dan Kelurahan Bumijo.

 

Dalam edaran tersebut telah diberikan format isian pengajuan RKB meliputi : Profil Kelurahan, AD/ART, Struktur Organisasi Rintisan Kelurahan Budaya; dan Rencana Program dan Kegiatan.

 

Pertemuan dipimpin oleh Lurah Kadipaten, Hj.Baiq Suriyatningsih, BA. Dalam sambutannya saat membuka pertemuan Baiq menyampaikan terima kasih atas kehadiran tokoh masyarakat dan karang taruna. Selain itu Baiq juga memohon kerjasama dari tokoh-tokoh masyarakat dan karang taruna dalam menindaklanjuti edaran dari Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta untuk pengajuan permohonan sehingga dapat memenuhi ketentuan yang dipersyaratkan. 

 

Tokoh masyarakat yang hadir mendukung Kelurahan Kadipaten untuk pengajuan Akreditasi Rintisan Kelurahan Budaya. Beberapa masukan disampaikan dari tokoh masyarakat terkait potensi seni budaya di wilayah Kadipaten.

 

Dalam pertemuan telah disepakati pembentukan kepengurusan sesuai dalam ketentuan Rintisan Kelurahan Budaya dengan Ketua yaitu Adi Laksmana Cahya Putra yang sekaligus sebagai ketua karang taruna Kadipaten. Kepengurusan Rintisan Kelurahan Budaya Kadipaten didukung dari muda mudi karang taruna Kadipaten.

 

Adi menjelaskan bahwa karang taruna mebdukung kepada kelurahan dalam pengajuan Rintisan kelurahan Budaya dan siap mengemban tugas dalam rangka memenuhi persyaratan pengajuan rintisan kelurahan budaya yang salah satunya data dukung isian potensi kuliner, kerajinan dan adat tradisi di wilayah Kelurahan Kadipaten.

 

Sutikno, S.Pd.-