Berbagi dan Kolaborasi Demi Kemajuan Bersama

Yogyakarta - “Tak kenal maka tak sayang” ujar Yuliani Haryatun, S.Ag. Kepala sekolah SD Muhammadiyah karangwaru saat menerima siswa-siswi TK ABA se-Karangwaru, Kota Yogyakarta dalam rangka memeriahkan hari pramuka ke 61 di halaman SD Muhammadiyah Karangwaru, Minggu, 14 Agustus 2022 lalu. Dalam kesempatan tersebut tampak hadir seluruh siswa, guru dan karyawan, para alumni, serta beberapa mahasiswa UGM.

Dijelaskan oleh Jemingun "saat ini SD Muhammadiyah Karangwaru terbuka bagi bapak ibu guru maupun siswa TK ABA untuk ikut menggunakan berbagai sarana dan fasilitas yang ada. Misalnya halaman sekolah, lapangan olahraga, perpustakaan, ruang kelas, serta berbagai video pembelajaran, ataupun sarana lainnya. Hal ini dilakukan untuk menjalin Kerjasama yang lebih erat sehingga terbangun kebiasaan saling berbagi dan berkolaborasi dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran antara SD Muhammadiyah Karangwaru dengan TK di sekitarnya." papar salah satu pengawas dinas pendidikan Pemuda dan Olahraga.

Selain itu, motivasi diadakannya kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan lebih dini SD Muhammadiyah Karangwaru di kalangan anak-anak TK, sehingga nantinya mereka termotivasi untuk melanjutkan sekolah ke SD Muh. Karangwaru. Sebagaimana disampaikan oleh Kepala sekolah SD Muh. Karangwaru bahwa PPDB tahun 2022/2023 tidak dapat mencapai target. Dari daya tampung 90 siswa baru kelas 1, baru terisi 74 siswa. Dengan terjalinnya Kerjasama dengan beberapa TK di sekitar Sekolah, diharapkan target PPDB tahun depan dapat tercapai.

Usai mempresentasikan profil sekolah, Sie Kurikulum SD Muhammadiyah Karangwaru, Sri Lestariningsih, S.Psi, M.Pd, menjelaskan bahwa SD Muh. Karangwaru sangat senang dan bangga melihat puluhan anak-anak TK sangat antusias bermain di SD Muh. Karangwaru. Bahkan mereka tampak begitu menikmati semua fasilitas yang tersedia.

Bahkan orang tua siswapun ikut larut dalam kebersamaan putra-putrinya. Salah satu wali murid mengungkapkan harapannya, semoga event semacam ini dapat berlanjut terus dan juga dibarengi kegiatan perlombaan antar siswa TK, sehingga lebih memotivasi dan memberi daya Tarik tersendiri terhadap SD Muh. Karangwaru. (Jemingun, PS.SD)