77 Tahun RI Refleksi Bersatu Bangkit dari Pandemi   

UMBULHARJO- Pemerintah Kota Yogyakarta mengadakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia di halaman balai kota. Peringatan kemerdekaan RI yang masih dalam kondisi pandemi menjadi refleksi agar semua elemen bersinergi bergotong royong untuk pulih dan bangkit.

Upacara peringatan HUT ke-77 RI tersebut berlangsung tertib dan khidmat. Sebanyak 38 anggota pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) tahun 2022 dari pelajar SMA di Yogyakarta sukses mengibarkan bendera merah putih.

Pada upacara itu Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi menjadi inspektur upacara. Untuk komandan upacara adalah AKP Pujiman selaku Kanit Binmas Polsek Mantrijeron, komandan paskibraka Ipda Eko Yudi Prasetyo dari Polresta Yogyakarta dan perwira upacara diampu Kapolsek Gondokusuman Kompol Surahman.

Dalam amanat upacara, Sumadi membacakan sambutan tertulis Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Dalam amanat itu Sultan mengingatkan menjadi tugas bersama, untuk mengisi dan memanfaatkan kemerdekaan. Terutama dengan upaya terbaik sesuai peran masing-masing.

“Meski sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19, semua elemen bangsa harus bersinergi dan bergotong royong untuk mewujudkan harapan. Ini selaras dengan tema peringatan proklamasi kemerdekaan tahun ini pulih lebih Cepat, bangkit lebih kuat,” kata Sumadi dalam amanat upacara peringatan HUT ke-77 RI di halaman Balai Kota Yogyakarta, Rabu (17/8/2022).

Menurutnya peringatan proklamasi kemerdekaan sama dengan sebuah perenungan spiritual. Perenungan dilakukan dengan introspeksi memusatkan kekuatan batin sebagai sumber hikmah dan menjadi pencerah pikir WQdalam  menunaikan  cita-cita  proklamasi. Peringatan kemerdekaan juga menjadi momen retrospeksi, dengan mengenang jasa para pahlawan

Dalam memaknai HUT ke-77 RI 2022, haruslah merefleksikan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan Indonesia. Keunikan bangsa dalam pluralisme justru perekat yang memperkuat jati diri bangsa. Bahkan, kekhasan budaya lokal hendaknya dapat diberdayakan guna menampung kemajemukan dan memperteguh semangat persatuan Indonesia.

“Dengan visi kemajemukan demi persatuan-kesatuan bangsa itulah, hendaknya kita renungkan makna peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77. Seraya terus-menerus menjaga nyala spirit  Indonesia  Raya bangunlah jiwanya, bangulah badannya,” terangnya.

Upacara HUT RI ke-77 secara luring diikuti sekitar 400 orang di antaranya perwakilan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Yogyakarta, para pelajar, polisi, TNI dan para tamu undangan. Termasuk Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Kota Yogyakarta yaitu Komandan Kodim 0734 Kota Yogyakarta Letkol Inf Arif Harianto, Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Idham Mahdi, Kepala Kejaksaan Negeri Yogyakarta Gatot Guno Sembodo dan pimpinan DPRD Kota Yogyakarta. Untuk ASN Pemkot Yogyakarta lainnya mengikuti upacara secara daring di kantor perangkat daerah masing-masing.(Tri)