Kunjungan Kerja Bappeda Kabupaten Wonosobo terkait Monev Target RPJMD Kota Yogyakarta

Sejak tahun 2021 Bappeda Kota Yogyakarta telah melaksanakan monitoring dan evaluasi terpadu terhadap pelaksanaan pembangunan yang ada di Kota Yogyakarta melalui aplikasi SIMONEVA (Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi). Keberhasilan pengembangan sistem ini membuat daerah lain berkunjung Ke Bappeda untuk melaksanakan studi komparatif. Salah satu daerah yang berkunjung adalah Pemerintah Kabupaten Wonosobo melalui Bappeda.

Pada Kamis, 17 November 2022, rombongan dari Bappeda Kabupaten Wonosobo dipimpin oleh Agus Dwiatmojo, S.T., M.T., selaku Sekretaris Badan bersama 11 orang rekannya melaksanakan kunjungan ke Bappeda Kota Yogyakarta. Rombongan diterima oleh Dra. Suprantini selaku Sekretaris Bappeda, didampingi  Zusri Kusuma Wardani, S.E. (Perencana Ahli Muda Kelompok Substansi Pengendalian Pembangunan Daerah), Galuh Sri Untari, S.T. (Perencana Pertama), Adhitya Kusuma Zaenardi, S.E. (Analis Program Pembangunan) dan beberapa staff lainnya. Adapun maksud dan tujuan kunjungan kerja disampaikan oleh Sekretaris Bappeda Kabupaten Wonosobo yakni ingin belajar terkait kiat-kiat yang dilakukan untuk memonitoring target RPJMD di Kota Yogyakarta.

Selanjutnya, Dra.Suprantini menyampaikan secara makro terkait capaian target dan kinerja di Pemerintah Kota Yogyakarta serta hal-hal teknis yang dilakukan Kota Yogyakarta terkait Monev RPJMD. Selain itu, disampaikan pula beberapa hal yang mampu menumbuhkan sistem tertib dalam Monev RPJMD diantaranya komitmen Kepala Daerah dalam memonitoring kinerja perangkat daerah melalui forum Rakordal (Rapat Koordinasi Pengendalian) yang diadakan per triwulan. Forum ini mengadopsi apa yang telah dilakukan juga oleh Pemda DIY. Selain itu keberadaan JSS (Jogja Smart Service) sebagai Balaikota Yogyakarta di Dunia Maya juga menjadi alat utama Kota Yogyakarta dalam melaksanakan tata pemerintahannya.

Pada  sesi diskusi, Zusri Kusuma Wardani, S.E. menambahkan bahwa Kota Yogyakarta telah mengembangkan aplikasi SIMONEVA untuk proses pengukuran kinerja serta rutin melakukan review Rencana Strategis sampai pada level program setiap tahunnya. Selain itu, kunci utama monitoring dan evaluasi Kota Yogyakarta ada pada forum Desk Timbal balik yang rutin diadakan setiap tribulan. Pada forum ini tim yang terdiri dari Bappeda, BPKAD, Bagian Organisasi, Bagian Administrasi Pembangunan, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa serta Inspektorat akan mengevaluasi kinerja perangkat daerah sesuai dengan ketugasannya masing-masing..

Mencermati apa yang disampaikan dari perwakilan Bappeda Kota Yogyakarta, pihak Bappeda Kabupaten Wonosobo menyatakan terimakasih dan antusiasnya dan akan menerapkan kiat-kiat pelaksanaan Monev RPJMD yang telah didiskusikan pada agenda kunjungan tersebut di lingkup Kabupaten Wonosobo.