Fokki : Fasilitasi Sarana dan Prasarana Kampung Baca

Dalam rangka menumbuhkan dan menggiatkan minat baca dari warga Kampung Sapen Kalurahan Demangan Kemantren Gondokusuman, maka Antonius Fokki Ardiyanto S.IP selaku anggota DPRD Kota Yogyakarta sekaligus sebagai Kepala  Kampung Sapen menginisiasi terbentuknya kampung baca di wilayahnya dan diberi nama "Lentera Pustaka".

Alasan dibentuknya kampung baca adalah bahwa di era digitalisasi ini maka kecerdasan dalam memilih memilah semua informasi yang masuk di masyarakat harus digencarkan sehingga masyarakat dapat menyaring mana berita yang hoax dan mana yang tidak karena di era digitalisasi maka arus informasi menjadi tidak terbatas. Disamping itu dibentuknya kampung baca juga sebagai tindak lanjut untuk mendukung dan membantu identitas/branding Kampung Sapen sebagai kampung inggris karena untuk dapat mengimplementasikan identitas/branding ini maka kegiatan membaca dari masyarakat harus ditingkatkan dan digalakkan. 

Bekerja sama dengan Bank Jogya selaku BUMD Pemerintah Kota Yogyakarta melalui CSR nya, Fokki berhasil untuk membawa bantuan dari Bank Jogya untuk dapat membantu pengadaan sarana dan prasarana dari Kampung Baca Lentera Pustaka tersebut. 

Bertempat di salah satu rumah warga yaitu Bramantyo Asdi pada tanggal 19 Desember 2022 bantuan CSR dari Bank Jogya untuk dapat membantu sarana dan prasarana tersebut diserahkan dan diterima oleh Ketua Kampung Baca Lentera Pustaka : Slamet Santoso. 

Dalam sambutannya selaku ketua kampung baca, Slamet Santoso mengucapkan terima kasih atas kepedulian dari Bank Jogya yang sudah membantu pergerakan pemajuan Kampung Sapen. Dan juga mengucapkan terima kasih kepada Fokki baik selaku Kepala Kampung dan Anggota DPRD Kota Yogyakarta yang selalu membersamai rakyat menuju kemajuan yang berkesejahteraan di wilayah Kota Yogyakarta pada umumnya dan Kampung Sapen pada khususnya. 

Dan dalam kesempatan itu, perwakilan Bank Jogya juga menyampaikan harapannya supaya bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan sebaik baiknya demi kemajuan kampung dan kemajuan masyarakat di Kampung Sapen. 

Sedangkan Antonius Fokki Ardiyanto sebagai anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta menyampaikan bahwa kepedulian Bank Jogya ini adalah bentuk kepedulian semua pemangku kepentingan yang ada dengan konsep 3 K(kampung, korporate, kampus) untuk memajukan seluruh masyarakat kota untuk kesejahteraan bersama karena tujuan bernegara sesuai dengan Pembukaan UUD 1945 salah satunya adalah memajukan kesejahteraan umum. Dan kepada pengurus kampung baca, Fokki memberi nasehat teruslah bergerak untuk masyarakat, jangan pernah lelah menebar kebaikan. 

Yogyakarta 19 Desember 2022
Hormat Kami

Antonius Fokki Ardiyanto S.IP
Anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta dan Kepala Kampung Sapen